Diduga Curang Oknum Penyelenggara Pemilu, Badak Banten Perjuangan Gelar Aksi Didepan Kantor Bawaslu Lebak

Lebak, lensafokus.id – Aksi massa Ormas Badak Banten Perjuangan DPC Lebak geruduk Kantor Bawaslu (Gakkumdu) Lebak, Kamis (7-3-2024) merupakan aksi lanjutan, setelah sebelumnya aksi di sekretariat PPK Kecamatan Gunung Kencana.

Aksi ini dilakukan guna menindaklanjuti laporan aduan yang dilayangkan oleh masyarakat dapil 6 pada Gakkumdu melalui Bawaslu Lebak atas adanya dugaan penyalahgunaan wewenang yang diduga dilakukan oleh oknum PPK, dan Panwascam Gunung Kencana, juga oknum caleg, sehingga terjadi polemik jual beli suara partai dan penggelembungan suara untuk caleg tertentu setelah pasca penghitungan suara selesai.

Dalam aksinya Ormas BBP (Badak Banten Perjuangan) menuntut agar Bawaslu Lebak dapat mengusut tuntas kejahatan dan kecurangan Pemilu yang diduga dilakukan secara terstruktur, sistematis dan masif oleh oknum PPK dan Panwascam Gunung Kencana.

Ketua umum Ormas BBP, H Eli Sahroni saat orasi menyampaikan, “Bawaslu Lebak agar dapat bekerja secara profesional dalam menangani kasus hukum atas dugaan kecurangan pemilu yang dilakukan oleh oknum PPK dan Panwascam Gunung Kencana sesuai dengan aturan, berdasarkan undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu,” terangnya.

Lanjutnya, “kami dari ormas BBP mendukung sepenuhnya kepada Bawaslu dan Gakkumdu Lebak untuk segera memproses laporan yang dilayangkan oleh pelapor terkait kecurangan pemilu agar mengusut tuntas dan memenjarakan oknum panitia penyelenggara sebagaimana dengan aturan yang berlaku, “tegasnya.

“Aksi akan terus berlanjut dan berjilid-jilid oleh Ormas BBP, apabila proses penindakan hukum yang sedang diproses oleh Bawaslu (Gakkumdu) Lebak, tidak mampu bekerja secara tuntas dalam hal penanganan kasus hukum yang terjadi di tubuh panitia penyelenggara pemilu, khususnya oknum PPK dan Panwascam Gunung Kencana yang terindikasi melakukan tindak kejahatan dan kecurangan Pemilu yang telah mencoreng marwah demokrasi di Kabupaten Lebak, imbuhnya.

Sementara, Herdi Sudrajat Ketua DPC Ormas BBP Lebak dalam orasinya mendesak Bawaslu Lebak untuk segera memproses pelanggaran etik, administrasi, dan pidana yang diduga dilakukan oleh Oknum PPK dan Panwascam Gunung Kencana, juga mendesak Kejaksaan dan Kepolisian yang tergabung dalam Gakkumdu untuk segera menindak tegas seluruh oknum penyelenggara pemilu Kecamatan Gunung Kencana yang terlibat dalam kecurangan Pemilu Legislatif, serta oknum-oknum Caleg yang terlibat didalamnya.

“Kami mendesak pihak Bawaslu, Kejaksaan, dan Kepolisian Kabupaten Lebak, untuk segera memecat, memproses, dan melakukan tindakan hukum atas okum PPK dan Panwascam Gunung Kencana, beserta oknum Caleg yang diduga kuat melakukan kejahatan pemilu, demi rasa keadilan masyarakat dapil 6, dan kepastian hukum di wilayah Kabupaten Lebak,” tandasnya. (Cecep)

Rate this item
(0 votes)
Go to top