Pj Bupati Tangerang Panen Jagung Dan Resmikan Cluster Benih Jagung di Desa Dangdang Cisauk

Tangerang, lensafokus.id -- Pj Bupati Tangerang Andi Ony menghadiri acara panen jagung hibrida di lahan seluas 9 hektar dan meresmikan cluster benih jagung yang berlokasi di Desa Dangdang Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang. Selasa, (27/2/24).

Dalam sambutannya PJ Bupati mengatakan panen jagung hibrida dan peresmian cluster benih jagung tersebut merupakan hasil sistem pertanian terpadu berbasis jagung hibrida yang dilakukan kelompok Tani Harapan Maju 2 Desa Dangdang Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang.

"Alhamdulillah bersama-sama kita menyaksikan keberhasilan pengembangan sistem pengelolaan pertanian terpadu. Panen jagung dan peresmian cluster benih jagung ini menjadikan tonggak kemajuan sektor pertanian di Kabupaten Tangerang dan sebagai bagian langkah maju untuk meningkatkan kualitas hasil panen dan memperkuat daya saing produk pertanian di pasaran," kata Pj Andi Ony.

IMG 20240227 WA0157

Menurut dia, panen jagung di lahan sekitar 9 hektar tersebut dapat menghasilkan sebanyak 11 ton bongkolan perhektar. Dirinya pun sangat mengapresiasi kerja keras dan dedikasi para petani yang tergabung dalam kelompok tani Harapan Maju yang bekerjasama dengan Masyarakat Agribisnis Jagung (MAJ). Dia berharap cluster benih jagung yang diresmikan juga bisa menjadi pusat inovasi dan informasi penelitian budidaya jagung bagi masyarakat luas.

"Saya berharap cluster benih jagung ini ditujukan tidak hanya untuk menjadi pusat inovasi dan penelitian tetapi juga menjadi tempat untuk berbagi pengetahuan teknologi, praktek terbaik dalam budidaya jagung," ungkapnya

Pj Andi Ony juga berharap keberhasilan yang ditorehkan kelompok tani Harapan Maju bersama mitranya bisa menggugah semangat pihak-pihak lainnya untuk memanfaatkan lahan yang belum dipakai untuk diolah menjadi lahan pertanian yang lebih produktif dan menguntungkan.

"Mudah-mudahan ini menjadi ridho Allah SWT untuk kita. Bisa menggugah semangat kita semua untuk mengembangkan dan memanfaatkan lahan tidak produktif menjadi lahan pertanian produktif dan menguntungkan," ucapnya.

Sekjen Masyarakat Agribisnis Jagung (MAJ) Diah Indarti mengungkapkan bahwa kegiatan panen jagung dan peresmian cluster benih jagung di Desa Dangdang Kecamatan Cisauk merupakan swadaya dari MAJ dan kelompok tani yang bertujuan ingin memberikan motivasi kepada para petani khususnya yang ada di Kabupaten Tangerang dan Provinsi Banten pada umumnya.

"Kami tentunya sebagai warga Banten ingin juga menjadi bagian terpenting dalam kontribusi pangan terutama komoditi jagung, di mana saat ini kita bisa lihat bahwa 60% pabrik perusahaan pakan ternak ada di Provinsi Banten," jelas Diah

Lanjut dia, jagung yang dibudidayakan adalah jagung hybrida dengan varietas syngenta NK212 yang bisa dipanen dalam bentuk tongkolan saat berumur 120 hari. (Red)

Rate this item
(0 votes)
Go to top