Sekda: Netralitas ASN Kunci Sukseskan Wujudkan Pemilu Damai

Tangerang, lensafokis.id -- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid mengatakan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan salah satu kunci sukses mewujudkan Pemilu damai di Indonesia. Hal tersebut dikatakan Sekda saat menjadi inspektur upacara Hari Kesadaran Nasional Tingkat Kabupaten Tangerang di Lapangan Raden Aria Yudhanegara Puspemkab Tangerang, Senin (17/01/24).

"Dalam peran dan tugasnya ASN harus tunduk dengan peraturan yang berlaku dan bekerja secara independen atas dasar kepentingan negara dan masyarakat. Posisi ini tegas dijelaskan dalam Pasal 2 Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), bahwa: Setiap pegawai ASN harus patuh pada asas netralitas dengan tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan tertentu," jelas Maesyal Rasyid.

Dalam amanatnya, Sekda juga mengajak kepada seluruh peserta upacara dan juga seluruh warga masyarakat Kabupaten Tangerang untuk meningkatkan kembali rasa kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar dan kesadaran diri untuk menjalankan pola hidup bersih dan sehat.

"Kita harus menjadi contoh dari gerakan hidup bersih dan sehat baik untuk pribadinya maupun masyarakat. Tentang lingkungan, kesehatan, kebersihan, keamanan adalah tugas kita sebagai pelayan masyarakat," ajaknya.

Ia menambahkan ASN juga harus melakukan perbaikan-perbaikan dan peningkatan kinerja dimulai dari hal-hal yang kecil dimulai dari diri sendiri.

"Mari kita saling mengingatkan, menghargai dan menghormati ke depan. Terus memperbaiki diri dan meningkatkan kinerja untuk masyarakat," tuturnya.

Pada upacara tersebut Sekda simbolis menyerahkan piagam penghargaan Satyalencana Karya Satya 30 tahun kepada H. Yani Sutisna, S.H., M.Si, Asisten bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Satyalancana Karya Satya 20 tahun kepada Marine Prima Novita, S.Si., M.M Kepala Bagian Organisasi dan Satyalancana Karya Satya 10 tahun kepada Kosasih, staf pengadministrasikan perkantoran pada Badan Perencanaan Pembangunan daerah kabupaten Tangerang. (red)

Rate this item
(0 votes)
Go to top