Gerakan Ekonomi di Cikasungka, Pemkab Tangerang Berikan Bantuan Mesin Jahit, Obras, Sablon dan Alat Budidaya Lele

Tangerang, lensafokus.id -- Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa memberikan bantuan mesin jahit, mesin obras, mesin sablon dan alat budidaya lele kepada masyarakat di Desa Cikasungka Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang Banten.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid di Kampung Ranca Peuteuy RT 25 RW 02 Desa Cikasungka Kecamatan Solear, Kamis, 29/12/23.

Pada kesempatan tersebut, Sekda mengatakan pemberdayaan masyarakat menjadi tanggungjawab Pemda Kabupaten Tangerang. Bantuan yang diberikan untuk menggerakkan ekonomi masyarakat di Kecamatan Solear, khususnya Desa Cikasungka.

"Kelompok masyarakat ini akan kita bina dan berikan pelatihan. Dan saat ini kita berikan bantuan alat mesin jahit, obras dan alat sablon agar ekonomi di Desa Cikasungka terus berjalan," ungkap Sekda.

IMG 20231229 WA0109

Lanjut dia, selain untuk menggerakan roda perekonomian, bantuan tersebut juga diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mengatasi stunting dan kemiskinan ekstrim yang saat ini menjadi fokus Pemkab Tangerang.

"Penanganan stunting, kemiskinan ekstrim dan ketahanan pangan menjadi fokus pemerintah daerah. Ini menjadi langkah awal dan langsung dirasakan masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Yayat Rohiman menjelaskan bantuan untuk masyarakat Desa Cikasungka selain mesin jahit, obras dan sablon, bantuan juga berupa: kolam bundar diameter 1,7 sebanyak 2 kolam, kolam kotak 1 x 4 m sebanyak 9 kolam dan 100 ribu ekor binih ikan lele beserta pakan sebanyak 320 kg dan pakan pembesaran 180 kg.

"Saya berharap bantuan ini dapat dikembangkan olah masyarakat beserta kelompok penerima manfaat, yang pada akhirnya masyarakat dapat berdayaguna dan bermanfaat," jelas Yayat Rohiman.

Dia menambahkan sebelum diberikan bantuan, sebanyak 30 orang penerima manfaat diberikan pelatihan diversifikasi olahan hasil perikanan yang kemudian diberikan bantuan sarana pengolahan hasil perikanan sebanyak 2 paket, tiap paketnya terdiri dari 9 jenis alat dalam rangka menyukseskan program Gemarikan.

"Dalam rangka Gemarikan (Gemar Makan Ikan) pada lokus stunting kita berikan 100 paket olahan hasil perikanan," pungkasnya. (Red)

Rate this item
(0 votes)
Go to top