Proses Ibadah Haji 2019 Dipastikan Lancar, Pemulangan Jemaah Dilakukan 23 Agustus Mendatang

Proses Ibadah Haji 2019 Dipastikan Lancar, Pemulangan Jemaah Dilakukan 23 Agustus Mendatang Foto: Mad Sutisna/Lensa Fokus

TANGERANG - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang memastikan seluruh jemaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Tangerang, tidak mengalami kendala apapun dalam menunaikan ibadah haji di Mekkah. Saat ini para jemaah sudah melaksanakan seluruh proses ibadah haji 2019, dan rencananya para jemaah akan dipulangkan ke Indonesia pada tanggal 23 Agustus nanti.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tangerang, Badri Hasun menjelaskan, bila jemaah calhaj asal Kabupaten Tangerang bersama rombongan jemaah lain dari Indonesia, telah melaksanakan seluruh proses penyelenggaraan ibadah haji 2019 pada Sabtu (10/8/2019) lalu. Saat ini para jemaah baru rampung mengikuti lempar jumroh di Mekkah.

"Puncaknya Sabtu kemarin dan seluruh jemaah mengikutinya, dan dari laporan yang kami terima para jemaah terutama asal Kabupaten Tangerang dalam kondisi sehat semua," jelasnya kepada Wartawan, Selasa (13/8/2019).

Badri mengatakan, bila kondisi cuaca di tanah suci pada tahun ini terbilang cukup ekstrem suhunya, hingga membuat para jemaah kerap keletihan selama proses ibadah haji. Kata Badri, bila Kemenag memastikan hal tersebut tidak menjadi kendala bagi para jemaah calhaj untuj menunaikan salah satu rukun iman dalam agama islam tersebut.

"Memang ada beberapa jemaah kita yang mengalami kelelahan hingga dilarikan ke rumah sakit, jemaah-jemaah itu merupakan orang-orang sepuh (manusia lanjut usia) dikarenakan cuaca terlebih tidur mereka juga kurang. Bahkan ada juga yang harus dibantu oleh petugas, sampai menggunakan kursi roda tetapi mereka tetap semangat menunaikan ibadah haji mereka," ujarnya.

Menurut Badri, pada Rabu (14/8) nanti pihaknya akan menggelar rapat koordinasi bersama stakeholder terkait, dalam rangka proses pemulangan para jemaah dari tanah suci. "Kita rapat bareng-bareng untuk pemulangan jemaah," ungkapnya.

Kasi Pelayanan Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Tangerang, Anas Suandi mengungkapkan, bila proses pemulangan jemaah rencananya akan dilakukan pada 23 Agustus mendatang, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

"Pemulangan jemaah haji pertama asal Kabupaten Tangerang waktunya sudah direncanakan yaitu pada pukul 02.15 WIB di bandara, dan nanti sampai di Tigaraksa sekitar pukul 08.00 WIB. Mudah-mudahan tidak mengalami kendala dan berjalan lancar," tukasnya. (Mad Sutisna)

Rate this item
(0 votes)
Go to top