Kades Munjul Sambut Baik Program Regsosek dari BPS

Tangerang, lensafokus.id -- Kepala Desa Munjul Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang Banten Wawan, menyambut baik adanya program Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahap lanjutan dari BPS Kabupaten Tangerang di wilayahnya.

Pasalnya, dengan program tersebut pemerintah mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat pada masing – masing wilayah yang ada di desa Munjul.

Kegiatan tersebut secara langsung dihadiri kepala desa Munjul Wawan sekaligus sebagai fasilitator, dengan Asisten Fasilitator 1-2 terdiri dari Mutho dan Ririn dan Administator BPS Kab. Tangerang Rudi, yang di ikuti oleh Sekretaris Desa Erik, Rt/Rw seluruh kejaroan, dalam mengikuti lanjutan Regsosek tersebut.

“Kami pemerintah desa Munjul sangat mendukung sekali kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) di era transparansi seperti saat ini, untuk mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat di desa Munjul,” ungkap Wawan pada Rabu (3/5/2023).

Para pemangku wilayah yaitu ketua RT dilibatkan untuk verifikasi hasil pendataan REGSOSEK 2022. Kata Wawan, disamping verifikasi juga ada konsultasi mengenai hasil peningkatan kesejahteraan keluarga berdasarkan hasil pendataan awal.

“Yang nantinya tercapai kesepakatan masyarakat mengenai tingkat kesejahteraan keluarga di masing masing wilayah,” ujarnyaIMG 20230503 WA0005

Sementara Asisten Fasilitator 1 BPS Kabupaten Tangerang Mutho, menerangkan, hari ini dilaksanakan Forum Konsultasi Publik terkait pendataan awal Regsosek (Registrasi Sosial Ekonomi) dengan tema “Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, jelasnya.

“Kegiatan Forum Konsultasi Publik lanjutan ini akan berlangsung beberapa hari kedepan, yang nantinya akan diikuti oleh seluruh Ketua RW dan seluruh para Ketua RT se Desa Munjul,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan Program Kementrian PPN/BAPPENAS yang wajib dilaksanakan oleh BPS Kabupaten Tangerang untuk dapat di sosialisasikan ke semua Desa agar dari setiap Desa dihasilkan data jumlah sangat Miskin, Miskin, Rentan Miskin dan Tidak Miskin secara akurat berdasarkan fakta di lapangan.

“Jadi data Regsosek akan menjembatani koordinasi antar lintas lembaga juga lintas daerah, untuk memastikan pemakaian data yang konsisten karena terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat Desa,” terangnya. (Agie)

Rate this item
(0 votes)
Go to top