SMAN 08 Kabupaten Tangerang Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2023

Tangerang, lensafokus.id -- Hari Pendidikan Nasional, disingkat HARDIKNAS, adalah hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa, diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya.

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei, bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hadjar Dewantara, pahlawan nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia. Ki Hadjar Dewantara lahir dari keluarga kaya Indonesia selama era kolonialisme Belanda, ia dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu, yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan. Hari nasional ini ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Kritiknya terhadap kebijakan pemerintah kolonial menyebabkan ia diasingkan ke Belanda, dan ia kemudian mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa setelah kembali ke Indonesia. Ki Hadjar Dewantara diangkat sebagai menteri pendidikan setelah kemerdekaan Indonesia. Filosofinya, tut wuri handayani ("di belakang memberi dorongan"), digunakan sebagai semboyan dalam dunia pendidikan Indonesia. Ia wafat pada tanggal 26 April 1959. Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap dunia pendidikan Indonesia, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.

IMG 20230502 WA0015

SMA Negeri 08 Tangerang gelar upacara bendera di halaman sekolah untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional atau disingkat Hardiknas yang diperingati setiap tanggal 2 Mei bertepatan dengan momen Idul Fitri 1444 H. Selasa (2/5/2023).

Perlu diketahui bahwa penetapan Hardiknas tak bisa dilepaskan dari sosok Ki Hajar Dewantara. Tanggal 2 Mei yang kini dirayakan sebagai Hardiknas juga berdasarkan hari kelahiran sang Bapak Pendidikan Indonesia tersebut.

Ada tiga semboyan yang melekat erat dengan dunia pendidikan yang diciptakan beliau, yaitu:

• Ing ngarso sung tulodho: di depan memberi teladan
• Ing madyo mangun karso: di tengah memberi bimbingan
• Tut wuri handayani: di belakang memberi dorongan

Perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam bidang pendidikan membuatnya mendapat julukan bapak pendidikan Indonesia.

Hari kelahirannya, yaitu tanggal 2 Mei juga ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional dalam Surat Keputusan Presiden RI No. 305 tahun 1959 tertanggal 28 November 1959.

Tahun ini Kemendikbud mengangkat tema khusus pada Hardiknas 2023, yaitu “Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar" Kepala SMA Negeri 08 Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang Drs.H.Heri Supriyatna, M.Pd. Menjadi pembina upacara pada hari ini dengan membacakan amanat upacara dari Menteri Pendidikan kita, Nadiem Anwar Makarim, Seluruh peserta upacara tampak khidmat mengikuti jalannya upacara meski panas sinar matahari menerpa. (Lingga)

Rate this item
(0 votes)
Go to top