Sekda: Pemkab Tangerang Komitmen Untuk Pastikan Hewan Kurban Sehat Dan Layak

Tangerang, lensafokus.id -- Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid meninjau lapak hewan kurban di Lapak Al-Barokah, Kp. Bungaok RT. 02/01 Desa Caringin Kec. Legok, Kab. Tangerang, Selasa (11/06/24).

Pada kesempatan tersebut Sekda Moch Maesyal Rasyid yang mendampingi Pj Andi Ony mengungkapkan Pemkab Tangerang berkomitmen untuk memastikan semua hewan kurban yang dijual di lapak-lapak hewan kurban di Kabupaten Tangerang dalam keadaan sehat dan layak. Bukan hanya kondisi fisik hewan kurban saja tetapi juga surat keterangan sehat dari dinas, instansi terkait dimana hewan kurban tersebut berasal.

"Hari ini, bersama Pj Bupati meninjau lapak hewan kurban di Desa Caringin. Pemerintah daerah berkomitmen untuk memastikan hewan kurban yang ada itu sehat dan layak. Hewan kurban sapi dan kambing kondisinya bagus karena sudah ada keterangan sehat dari daerah hewan kurban," ungkap Sekda.

IMG 20240611 WA0247

Dia menambahkan Pemkab Tangerang telah menerjunkan 100 petugas pemeriksa hewan kurban yang bertugas untuk memeriksa kesehatan, keamanan dan kelayakan hewan kurban di wilayah Kabupaten Tangerang.

"Kita tetap antisipasi untuk mengecek dan memeriksa kelayakan hewan kurban tahun ini agar masyarakat dapat berkurban dengan nyaman, aman dan terhindar dari penyakit," terangnya.

Dirinya pun menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin membeli hewan kurban untuk benar-benar jeli. Tidak hanya melihat fisik hewan yang akan dikurbankan namun juga kelengkapan surat sehat atas hewan yang diperdagangkan.

"Kepada masyarakat yang ingin membeli hewan kurban jangan hanya lihat kondisi fisik hewannya saja tapi cek juga surat sehat yang ada sehingga hewan yang akan dikurbankan nanti benar-benar sehat, aman dan layak," imbaunya.

Sementara itu, Yudi Rahmat Nugraha, salah satu pemilik lapak kurban sapi Al-Barokah, Kp. Bungaok mengatakan tahun ini omset lapak kurbannya lumayan ramai, sama seperti tahun sebelumnya. Di lapaknya ada sekitar 40 hingga 50 ekor hewan kurban yang dijual.

"Sapi saat ini harganya 27 juta hingga 32 juta perekor, Alhamdulillah lancar saat ini pesanan sudah sekitar 40 ekor siap kirim," ucap Yudi.
(Red)

Rate this item
(0 votes)
Go to top