Jelang Natal dan Tahun Baru 2024, Pemkab Tangerang Minta Seluruh Pihak Bersinergi

Tangerang, lensafokus.id -- Pj Bupati Tangerang Andi Ony meminta seluruh pihak bersinergi jelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 untuk memastikan situasi dan kondisi jelang natal dan tahun baru tetap kondusif, aman dan terkendali. Hal tersebut diungkapkan Pj Andi Ony saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) unsur pimpinan daerah di Ruang Rapat Wareng, Selasa (19/12/23).

"Saya minta seluruh pihak terus bersinergi. Rapat Forkopimda saat ini, kita memastikan jelang Natal dan tahun baru 2024 berjalan aman dan tertib secara menyeluruh di Kabupaten Tangerang," kata Pj Andi Ony.

Ia juga menjelaskan ada empat (4) agenda yabg dibahas pada rakor tersebut, yaitu keamanan dan ketertiban jelang Nataru, cuaca akibat El Nino, operasi pasar dan pengendalian inflasi daerah serta persiapan pelaksanaan pemilu 2024.

"Pemkab Tangerang bersama jajaran Forkopimda dan seluruh pohak terkait harus mengambil langkah-langkah antisipasi dan solusi untuk mengurangi dampak sosial, ekonomi, hingga ketentraman ketertiban yang terjadi di tengah masyarakat dalam menghadapi agenda tersebut," ungkapnya

Dia juga menandaskan langkah-langkah antisipasi dan solutif perlu untuk meminimalisir dampak sosial, ekonomi dan kamtibmas perlu dilakukan dengan seksama dan tepat dalam menghadapi nataru, cuaca ekstrim dan ketersediaan bahan pokok nantinya.

"Kemudian yang perlu diantisipasi adalah waspadai adalah potensi angin kencang dan tinggi gelombang yang menjadi perhatian kita bersama. Camat maupun lurah dan kepala desa yang mempunyai daerah berada di pinggir pantai itu, tolong segera dapat disosialisasikan kepada masyarakatnya agar diantisipasi," tandasnya.

Ketua Tim Kerja Meteorologi dan Klimatologi BBMKG wilayah II, Ana Oktavia Setiawati menjelaskan awal musim hujan di wilayah Kabupaten Tangerang diprediksi akan terjadi minggu depan. Ini disebabkan oleh pengaruh El Nino yaitu kondisi di Samudra Pasifik yang hangat sehingga seluruh masa udara dari wilayah Indonesia tertarik ke sebelah timur yang mengurangi intensitas hujan di wilayah Indonesia bukan hanya di Banten ataupun Tangerang tetapi ini terjadi untuk seluruh wilayah Indonesia.

"Hal inilah yang menyebabkan kenapa musim hujan itu mundur dari normalnya, kalau kita lihat normalnya memang sudah akhir November ataupun awal Desember itu sudah memasuki musim hujan," jelas Ana

Sementara Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Agus Suryana mengatakan pengamanan hari raya natal akan dilaksanakan mulai tanggal 24 sampai 25 Desember 2023. Pihaknya akan menerjunkan tim personil anggota Satpol PP untuk membantu pengamanan dan monitoring perayaan Natal di beberapa gereja yang ada di Kabupaten Tangerang.

"Kita turunkan 100 personil di setiap pos pantau dan tempat ibadah (gereja) yang ada di Kabupaten Tangerang untuk membantu keamanan ketertiban jalannya Nataru tahun ini," jelas Agus.

Lanjut dia, obyek-objek titik pengamanan diantaranya Gereja Bethel Indonesia Kecamatan Tigaraksa, Gereja Santa Odilia Kecamatan Panongan, Gereja St. Gregorius Agung Kecamatan Pasar Kemis dan Gereja GBI Kecamatan Cisoka. (Red)

Rate this item
(0 votes)
Go to top