Bupati Lebak Resmi Buka Festival Seni Multatuli 2023

Lebak, lensafokus.id -- Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya secara simbolis membuka Festival Seni Multatuli (FSM) 2023 di Alun-alun Rangkasbitung, Festival Seni Multatuli kembali diselenggarakan sebagai salah satu festival sastra terbesar di Kabupaten Lebak.

FSM tahun 2023 sendiri diselenggarakan dari tanggal 15-17 Juni 2023 dengan menampilkan berbagai kegiatan kebudayaan, diantaranya parade kerbau, telusur jejak multatuli, bedah buku, pidato kebudayaan, teatrikal multatuli, dan kegiatan lainnya.

Pada FSM kali ini juga digelar pameran sejumlah produk UMKM di masing – masing stand yang sudah disediakan oleh pihak penyelenggara. Pameran produk UMKM ini sebagai upaya meningkatkan ekomoni para pelaku UMKM di Kabupaten Lebak.

IMG 20230618 WA0006

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengungkapkan, terselenggaranya Festival Seni Multatuli 2023 merupakan bagian dalam menjaga tradisi dan budaya serta untuk meningkat ekonomi para pelaku UMKM di Kabupaten Lebak.
Adanya kegiatan FSM tetap bisa berkembang dan budaya tradisi kita bisa tetap dijaga, sesuai dengan tema FSM yaitu, Ngadulur Jeng Kultur,” kata Bupati Lebak usai pembukaan FSM.

Dijelaskan Iti, sesuai dengan tema FSM tahun ini adalah “Ngadulur Jeng Kultur” yang artinya mengajarkan bagaimana hidup harus saling berdampingan dengan menjaga tradisi adat dan budaya.

“Jadi hidup itu harus berdampingan, jangan sampai terdegradasi, atau adanya kemunduran dengan budaya-budaya barat tetapi tadi kita harus tetap bisa mempertahankan budaya kita,” jelasnya
Dikatakan Iti, lantaran FSM sudah masuk ke dalam kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf RI sebagai salah satu tujuan untuk menarik wisatawan ke Lebak. Diharapkan event-event yang lain yang ada di Kabupaten Lebak juga bisa masuk. Hal ini untuk mewujudkan visi Kabupaten Lebak sebagai destinasi wisata nasional berbasis potensi lokal.

“Dengan melalui event-event seperti ini diharapkan dapat terus menambah daya tarik wisatawan untuk datang ke Kabupaten Lebak. Sehingga pariwisata menjadi lokomotif baru dalam pembangunan di Kabupaten Lebak,”ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak, Imam Rismahyadin menjelaskan penyelenggaraan FSM 2023 membawa dampak positif bagi jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Kabupaten Lebak. Ia pun mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu mensukseskan acara tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap Misi Pariwisata yang di usung Kabupaten Lebak.

"Terima kasih atas Sinergitas dan kolaborasi semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan FSM 2023 ini. Semoga kita bisa terus kompak membangun Lebak yang kita cintai dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki Kabupaten Lebak, " Ungkap Imam (cecep)

Rate this item
(0 votes)
Go to top