O2SN Menjadi Wadah Dalam Mencari Bibit Siswa Berprestasi

Tangerang, lensafokus.id -- Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (BAPOPSI) menyelenggarakan Olympiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang di buka langsung oleh Camat Kecamatan Cisoka di lapangan Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Selasa (30/05/2023).

Camat Cisoka Encep Sahayat dalam sambutannya mengatakan bahwa O2SN merupakan momentum yang tepat dan berharga bagi siswa untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara sehat. Selain itu juga dapat memberikan pengalaman belajar yang baik , yaitu belajar bekerjasama, mematuhi aturan, belajar menghargai serta mengilhami nilai-nilai fairplay, yakni jujur, bersahabat, hormat dan bertanggungjawab dan hal tersebut ada pada setiap pertandingan/perlombaan.

“Tujuan O2SN itu antara lain mengembangkan talenta siswa dalam bidang olahraga, membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi sejak usia sekolah, mengembangkan jiwa sportivitas,kompetitif, rasa percaya diri dan rasa tanggungjawab. Selain itu juga dapat mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar olahraga, menumbuhkembangkan nasionalisme dan cinta tanah air, serta menjalin solidaritas dan persahabatan antar siswa,” ujar Camat Cisoka.

IMG 20230530 WA0013

Camat Cisoka berharap melalui Olympiade Olahraga Siswa Nasional tersebut ini, para generasi penerus pembangunan Kabupaten Tangerang bisa lebih sehat dan kuat mentalnya serta produktif dalam rangka membangun Kabupaten Tangerang.

"Kalian harus bisa mencurahkan segala kemampuan terbaik kalian dan juga rasa sportivitas yang tinggi serta persaudaraan. Ini sangat penting karena di dunia kompetisi olahraga, persaudaraan dan sportivitas jauh lebih penting daripada medali dan juga piala yang kita raih," tuturnya.

Ketua Panitia kegiatan O2SN, Sayuti menginformasikan bahwa pada kegiatan O2SN Kecamatan Cisoka tahun 2023, cabang olahraga yang dipertandingkan/diperlombakan terdiri atas atletik nomor lari 100 meter putra dan putri, bola voli putra dan putri, bulutangkis putra dan putri serta catur putra dan putri.

“Jumlah peserta keseluruhan lebih dari empat ratus orang dan untuk venue pertandingan dan perlombaan, untuk cabang atletik dan bola voli di Mitra Prima Sport Center Cisoka serta untuk cabang bulutangkis di Gedung Olahraga kecamatan dan cabang catur di gedung bersama keagamaan,” papar Sayuti.

Ketua BAPOPSI Kecamatan Cisoka, Suhandi mengatakan bahwa BAPOPSI yang merupakan organisasi pembina olahraga bertanggungjawab terhadap kemajuan dan perkembangan pembibitan, pembinaan, dan pencapaian prestasi olahraga pelajar atau siswa. BAPOPSI bertujuan mewujudkan prestasi olahraga pelajar/siswa, membangun watak, mengangkat harkat, martabat, kehormatan bangsa dan ikut serta mempererat, membina persatuan dan kesatuan bangsa.

“Fungsi BAPOPSI adalah membina pertumbuhan dan perkembangan kegiatan olahraga pelajar atau siswa, meningkatkan pembibitan olahragawan pelajar atau siswa berbakat dan menunjang pencapaian prestasi olahraga nasional,” kata Suhandi. (Lingga)

Rate this item
(0 votes)
Go to top