DPUPR Lebak Bangun Jalan Terdampak Bencana, Guna Menopang Kelancaran Ekonomi Masyarakat

Lebak, lensafokus.id -- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  Kabupaten Lebak, Provinsi Banten membangun jalan yang terdampak bencana alam di Kecamatan Cikulur guna menopang perekonomian masyarakat di daerah itu.

“Kita menargetkan jalan itu pada Agustus 2022 sudah bisa dilintasi angkutan, ” kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Lebak Hamdan soleh di ruang kerjanya, senin (11/07/2022).

Pembangunan jalan yang terdampak bencana alam itu sangat vital karena menghubungkan dengan wilayah Lebak bagian selatan.

Ruas jalan itu Sampay – Gunungkencana- Malimping – Bayah, terdampak tanah bergerak, tepatnya di tanjakan Tajur Desa Curug Panjang, Kecamatan Cikulur.

Saat ini, kata dia, kondisi jalan tersebut tengah dikerjakan dengan kontruksi beton dan pemasangan beberapa titik tiang penyangga agar memiliki kekuatan dan tahan longsor maupun tanah bergerak.

“Kami optimistis bulan depan ruas jalan itu sudah rampung dan dapat menopang pertumbuhan ekonomi masyarakat untuk kelancaran mengangkut hasil bumi dan peternakan serta perikanan ke luar daerah,” katanya .

Lebih dari itu, hamdan berharap, perbaikan jalan akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Khususnya masyarakat Cikulur. Dengan kondisi jalan yang baik, mobilitas semakin dimudahkan, sehingga mampu mencapai tujuan ekonomi dan non ekonomi.

Ia mengatakan, ruas jalan tanjakan Tajur yang di betonisasi itu sepanjang 30 meter dan lebar 8 meter dengan menghabiskan dana Rp1, 2 miliar.

Jalan yang terdampak bencana alam itu dikerjakan pihak ketiga dan dipastikan lebih berkualitas juga tahan terhadap longsoran dan tanah bergerak ucapnya.

Selama ini, kondisi ruas jalan Kabupaten Lebak sepanjang 773 kilometer dan yang kondisinya layak dilintasi angkutan sekitar 68 persen.

“Kami menargetkan tahun depan sekitar 70 persen jalan kabupaten layak dilintasi dengan betonisasi dan aspal hotmix.

Semoga pembangunan ini berjalan lancar, sehingga manfaatnya bisa segera dirasakan oleh masyarakat luas,” tuturnya.

(cecep/agi)

Rate this item
(0 votes)
Go to top