Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang Menorehkan Rekor Dunia

Tangerang, lensafokus.id -- Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke-93, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang pecahkan rekor dunia sebagai penyelenggara pelatihan Scout Orientering dan Navigasi dengan jumlah peserta terbanyak di masa pandemi dari Record Holders Republic (RHR) Kamis (28/10/2021) Kitri Bhakti, Curug.

Rekord Holders Republic merupakan Lembaga Rekor Dunia yang bertujuan untuk membakukan, mengautentikasi, mendaftarkan, dan mengatur catatan dunia resmi berkenaan dengan waktu, jarak, dan jumlah. RHR (Record Holders Republic) memiliki kantor pusat di Amerika Serikat serta kantor cabang di beberapa negara, diantaranya Indonesia, Inggris (UK), Jerman, India serta Bangladesh. Kantor cabang di Indonesia ada di Kota Bandung.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid mengatakan kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93 dan Hari Ulang Tahun Kabupaten Tangerang yang ke-389 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Rekor tersebut merupakan kali pertama yang dilakukan oleh Gerakan Pramuka Indonesia bahkan di dunia.

Screenshot 2021 10 31 19 11 17 46 a27b88515698e5a58d06d430da63049d compress6

Sebagai informasi, Kegiatan pelatihan Scout Orienteering dan Navigasi yang diselenggarakan oleh Kwarcab Kabupaten Tangerang diiikuti oleh 4116 peserta, yang terdiri dari anggota Pramuka seluruh Indonesia dengan target 2000 peserta, akan tetapi animo dari masyarakat dalam hal ini anggota Pramuka sangat besar, bahkan perwakilan dari 24 Kwartir Daerah turut mengikuti kegiatan pelatihan ini. Dengan adanya kegiatan tersebut, Kwarcab Kabupaten Tangerang dapat menjadi role model untuk tingkat nasional dalam melakukan kegiatan Orienteering dan Navigasi serta sebagai bahan persiapan jika nantinya Kwarcab Kabupaten Tangerang ditunjuk untuk menjadi tuan rumah dalam kegiatan Jambore Nasional di Tahun 2022.

Atas capaiannya tersebut, Record Holder Republic (RHR) menyerahkan piagam penghargaan kepada Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang untuk rekor "THE MOST PARTICIPANT OF HYBRID SCOUT ORIENTEERING AND NAVIGATION TRAINNING AND ORNAV MINI EVENT IN TANGERANG ON PANDEMIC ERA".

Piagam penghargaan rekor dunia itu diserahkan langsung oleh Presiden RHR Asia Lia Mutisari.

Tujuan dilaksanakan kegiatan orienteering dan navigasi Pramuka adalah untuk mempertebal dan memantapkan bentuk karakter Gerakan Pramuka dalam rangka memperkuat jati diri dan karakter Pramuka yang tetap terjaga di tengah pandemi covid ini dan merupakan komitmen untuk terus melakukan pembinaan generasi muda.

Screenshot 2021 10 31 19 11 48 00 a27b88515698e5a58d06d430da63049d compress83

Orienteering merupakan sebuah kegiatan berbasis outdoor untuk menguji kemampuan navigasi, kecepatan, dan ketepatan. Untuk melakukan orienteering ini membutuhkan peta dan juga kompas. Ini digunakan untuk menemukan titik-titik atau objek tertentu selama orienteering.

Awal mulanya orienteering muncul di Swedia dan diciptakan untuk kepentingan militer, yaitu melatih kemampuan navigasi darat. Tujuannya adalah untuk bisa melewati atau melintasi tempat-tempat yang belum pernah diketahui sama sekali.

Seiring berjalannya waktu, orienteering bergesar menjadi salah satu cabang olahraga alam yang dilombakan. Mayoritas orienteer yang berkompetisi adalah mereka yang berkecimpung di dunia kepencintaalaman atau kegiatan kepramukaan. (Adv)

Rate this item
(0 votes)
Go to top