Ini Jawaban Kepala Desa Soal Dana LPM Desa Pangkat, Kecamatan Jayanti

Tangerang, lensafokus.id -- Kabar yang mencuat tentang anggaran LPM Desa Pangkat, Kecamatan Jayanti, yang di pakai untuk kepentingan pribadi sebenarnya cuma salah komunikasi saja, setelah mencoba mengkonfirmasi Kepala desa Pangkat para awak media bisa menyimpulkan bahwa anggaran itu terpakai tidak untuk pribadi Kepala desa, melainkan untuk membeli kebutuhan olahraga karang taruna di Desa Pangkat, Rabu, (3/2/2021).

Anggaran operasional kelembagaan Desa Tahun 2020 yang bersumber dari Dana Desa (DD), dalam hal ini LPM Desa Pangkat sebesar Rp.10.000.000 (Sepuluh Juta Rupiah) diduga tidak diberikan kepada LPM, namun untuk kepentingan kelembagaan lainnya (karang taruna).

Dikatakan Kepala Desa Pangkat Ahmad Judin menjelaskan, Sebenarnya uang untuk LMP, sudah saya pakai untuk membeli keperluan Karang Taruna Desa Pangkat (Bola Volly 3 plus Net nya dan Net Bulu Tangkis) total sejumlah Rp.5.000.000, dan alat olahraga lainnya.

Ahmad Judin mengakui, jujur saya tidak tahu, kalau dalam aturan yang baru, anggaran tersebut harus diserahkan kepada pengurus kelembagaan Desa masing - masing. Hingga pada akhirnya baru organisasi Karang Taruna saja yang sudah saya berikan anggarannya, jadi untuk LPM belum saya bagikan, tapi akan saya ganti segera.

"Sedangkan Anggaran Dana untuk LPM, belum saya berikan, karena Anggaran tersebut sudah habis dan sebagian saya belanjakan untuk kebutuhan Karang Taruna, tapi akan segera digantikan," ucapnya.

Akhirnya saya panggil Ketua LPM nya dan meminta waktu sampai akhir bulan Januari 2021 lalu, saya berencana untuk mengembalikan dan menyerahkan kembali anggaran tersebut kepada rekan - rekan LPM.

Untuk diketahui, Kepala desa pangkat menutupi kebutuhan karang taruna desa berupa 3 set bola Volly berikut net nya juga perangkat olahraga cabang bulutangkis lainnya, dan untuk LPM kepala desa sempat bilang jika nanti anggaran itu akan di ganti nya segera.

Ketua LPM desa Pangkat pun menghargai itikad baik dari Kepala desa, arti nya ketua LPM menyepakati apa yang di lakukan Kepala desa yang inti nya untuk kebutuhan sarana olahraga masyarakat desa pangkat juga.

Tentang berita yang beredar bahwa kepala desa menggunakan anggaran LPM untuk pribadi jelas ini anggaran tersebut jelas untuk menutupi kegiatan kepemudaan di desa pangkat, dan anggaran untuk LPM Kepala Desa pangkat berjanji akan mengganti nya. terkecuali jika anggaran tersebut hanya untuk pribadi semata barulah kepala desa salah kaprah. Serta tidak amanah.

(Mad Sutisna)

Rate this item
(0 votes)
Go to top