Lensa Fokus | Media online dan Cetak Banten dan Nasional Hari ini

Pendidikan

Utamakan Kesehatan Siswa, SMPN 2 Cigudeg Terapkan Pembelajaran Daring

Bogor, lensafokus.id – Pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia hingga saat ini telah menjadikan beberapa kebijakan berubah drastis. Seperti  kebijakan di dunia pendidikan, yang akan menggunakan sistem baru.

Prinsip utama dalam pembelajaran di tahun ajaran 2020/2021 yakni kesehatan dan keselamatan peserta didik dan tenaga pendidikan, maka pembelajaran jarak jauh akan menjadi solusinya.

Untuk itu pemerintah perlu melakukan langkah langkah, menggunakan aplikasi pembelajaran jarak jauh melalui daring. Panduan melalui daring ini juga menjadi acuan pemerintah daerah dalam mengatur satuan pendidikan.

Banyak sekolah yang melakukan workshop terkait dengan pembelajaran jarak jauh melalui daring, salah satunya di SMP Negeri 2 Cigudeg ini.

Kepala SMPN 2 Cigudeg Maryanto, S.Pd, MM mengatakan karena saat ini dalam pandemi covid-19 maka sementara siswa di larang belajar di sekolah dengan tatap muka. Rabu (22/07/2020).

“Dengan belajar melalui aplikasi daring maka siswa bisa belajar dari rumah dan bisa dipantau langsung oleh guru,” ujarnya.

Selain itu nantinya orangtua siswa akan dipanggil pihak sekolah untuk menerima buku paket satu anak satu untuk belajar di rumah. Sehingga guru nantinya akan membuat video dan melakukan pembelajaran jarak jauh melalui aplikasi daring.

“Proses pembelajaran masih dilakukan secara daring (online). Kita menyampaikan kepada siswa kelas I saat pengenalan pertama, mereka dianjurkan untuk belajar daring di rumah dengan caranya bisa diajarkan oleh dewan guru nantinya,” kata Maryanto.

Selain itu, Ditambahkan para guru dilatih bagaimana membuat konten pembelajaran, dan mempraktekkan bagaimana cara membuat video pembelajaran yang menarik. Juga sekaligus guru-guru dilatih bagaimana memanfaatkan website sekolah  untuk menampilkan informasi dan menampilkan materi ajar. Sehingga dapat diakses oleh peserta didik dari rumah mereka masing-masing. (Heri/Yamin)

-::-Ter Viral-::-