Lensa Fokus | Media online dan Cetak Banten dan Nasional Hari ini

Banten

Sensus Penduduk 2020 Gunakan Dua Metode

PANDEGLANG, LENSA FOKUS – Sensus penduduk tahun 2020 akan segera dilakukan. Jika sensus penduduk tahun sebelumnya hanya menggunakan satu metode, tahun ini ada penambahan dengan menggunakan sistem online.

“Tahun ini kita lakukan dua metode yaitu wawancara dan sisten online,” demikian disampaikan kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Pandeglang Tri Cahyo Purnomo saat bertemu Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pendopo, Kamis (23/1/2020).

Cahyo meyakini walaupun menggunakan dua metode, dirinya memastikan tidak akan terjadi pendataan ganda. “Yang sudah mendaftar online datanya akan masuk kedalam Daftar Penduduk dan akan memiliki kode tersendiri,” ujarnya.

Sensus pendududuk yang pertama akan dilakukan yaitu menggunakan sistem online yaitu tanggal 15 Februari – 31 Maret 2020. “Jika data di online sudah lengkap, kami hanya memverifikasi. Selanjutnya akan dilakukan metode wawancara pada tanggal 1-31 Juli 2020,” imbuhnya.

Untuk metode wawancara, diungkapkan Cahyo akan melibatkan kurang lebih 1.700 pencacah dan pengawas. “Kita akan lakukam rekrutmen terbuka di website, kita akan SK kan mereka dalam melaksanakan tugas sensus penduduk,” tandasnya.

Sementara, Bupati Pandeglang Irna Narulita berharap, rekrutmen pencacah dan pengawas dilakukan secara profesional sehingga hasil dari rekrutmen mendapatkan pencacah dan pengawas yang berkompeten.

“Siapapun boleh mendaftar khususnya warga Pandeglang yang tau wilayah Pandeglang,” harapnya. (em)

-::-Ter Viral-::-