Lensa Fokus | Media online dan Cetak Banten dan Nasional Hari ini

Tangerang

Puspemkab. Tangerang, Sejak di berlakukan tanggap darurat Covid-19, Sepi

Tigaraksa, Lensa Fokus.id:–Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang,Banten,  di Tigaraksa, dari sejak kemarin Senin hingga hari ini Rabu (1/04) nampak  sepi.  Kondisi ini menyusul sejak  Bupati Tangerang, A.Zaki Iskandar, memberlakukan kondisi  tanggap darurat terkait penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Diseputaran kawasan pusat pemerintahan ini, nyaris tidak ada kendaraan yang melintas,  seperti sebelum wabah pandemi Covid-19 melanda negeri ini, yang selalu ramai dengan aktivitas para Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun masyarakat.   Di kawasan ini, hanya terlihat ada beberapa unit kendaraan yang di parkir di dalam kantor Bupati.

Suasana di lingkup Sekretariat Daerah, berbeda dengan lingkup kantor Pekerjaan Umum. Di komplek perkantoran ini, masih  nampak beberapa unit  kendaraan  rodsa dua dan empat yang terparkir di sekeliling kantor tersebut .

Di lingkuk perkantoran Gedung PU,  di tempati oleh beberapa OPD di antaranya Dinas Sosial, DLHK, Kesbangpol, BNK, Dinas Tata Ruang dan Bangunan, DBMSDA, Dinas Tata Ruang dan Bangunan serta Dinas  Pemukiman dan Perumahan.

Begitupun dengan OPD yang berada di lingkup  Gedung Usaha-Usaha Daerah(GUD) yang terdiri dari OPD;  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,  Dinas Koperasi dan UM, Dinas Perindurtrian dan Perdagangan, Dinas  Pertanian, Dinas Pariwisata,Pemuda dan Olah Raga dan Badan Pendapatan Daerah,  nampak sepi. Pada hari sebelum penyebaran virus corona, lingkup GUD merupakan tempat berkumpulnya masyarakat, terutama yang mengajukan permohonan Adminduk.

Keadaan di sepanjang danau di sepuraran Puspemkab, yang biasanya  ramai dengan masyarakat dan  sejumlah pedagang kopi dan minuman ringan, sejak kemarin sepi. “Kami tidak bisa berjualan. Pembelinya para pegawai kantor.  Kalau di liburkan, ya siapa yang mau beli.”, kata Mang Udin (45) pedagang di seputaran danau.

Begitu pula kantin Depan Kantor DPRD Kabupaten Tangerang,  yang terdiri  dari kios minuman dan warung nasi, terpaksa menutup warungnya lantaran sepi pembeli. “Kami terpaksa tutup dulu untuk sementara waktu karena kantor juga libur, kalau keadaan sudah normal lagi seperti sedia kala  kami akan buka kembali. Tapi, kalau situasi seperti ini terlalu lama, kami mau makan apa”, kata Wiwin dan Nina, pedagang warung nasi di kantin itu.

Bupati Tangerang,A.Zaki Iskandar, seiring dengan meluasnya virus Covid-19,  telah mengeluarkan surat edaran sejak Jumat (20/3/2020) perihal penyesuaian sistem kerja ASN dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang, sebagai tindak  lanjut dari SE MenPAN RB  Nomor 19/2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja ASN dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Corona di Lingkungan Instansi Pemerintah.—( war/asep/em)

-::-Ter Viral-::-


To Top
WhatsApp chat