Lensa Fokus | Media online dan Cetak Banten dan Nasional Hari ini

Banten

Promosi  Produk Unggulan Usaha Mikro Kab.Tangerang,  di Lippo Mall Puri Kembangan

DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO Kabupaten Tangerang,  Provinsi Banten, mengadakan pameran   produk  unggulan usaha mikro   melalui pameran mall to mall.  Pameran produk unggulan bersama  ratusan  kalangan swasta   ini di laksanakan di Lippo Mall Puri Kembangan, Jakarta Barat,  dari  tanggal 3 Februari – 16  Februari 2020.

Kadis Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang, Dra. Hj.Nurul Hayati,M.Si  melalui  Kabid Kemitraan dan Promosi, Parikin, SPt.MM,  menjelaskan,  pameran yang dilaksanakan selama dua pekan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam mendukung pengembangan pemasaran produk usaha mikro.

Pada kegiatan promosi kali ini  sebanyak 40 produk unggulan daerah  di pamerkan. Produk unggulan itu seperti;  fashion,  tas,  dompet, sepatu, asesoris dan kuliner. “Melalui pameran ini diharapkan  produk unggulan pelaku usaha mikro Kabupaten Tangerang dapat lebih  di kenal secara  lebih luas  oleh  masyarakat”, kata Parikin, Kamis (6/2).

Dijelaskan Parikin, dalam mendorong  agar pelaku usaha mikro di Kabupaten Tangerang terus maju dan berkembang,  pihak Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, terus melakukan pembinaan seperti; cara pengolahan produk, kemasan produk dan  kemampuan management serta fasilitasi legalitas.

Selain itu,  sesuai dengan arah kebijakan Bupati Tangerang,  A. Zaki  Iskandar,  sejak beberapa tahun lalu dikembangkan klaster dalam upaya pengembangan produk  unggulan daerah melalui pendekatan one village one product (OVOP).  Melalui pola dini  di setiap  Kecamatan di wilayah Kabupaten Tangerang,  memiliki  produk unggulan

Kebijakan  lain adalah mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kewirausahaan.  Upaya dalam peningkatan SDM ini, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro  memberikan pelatihan kepada para pelaku usaha mikro dari segi management, kemampuan atau skil pengolahan produksi dan pemasaran.

Selain itu, mendorong setiap pelaku usaha UMKM memiliki jiwa wirausaha yang  memiliki  kreativitas, inovasi dan integritas yang  tinggi  untuk memajukan usahanya.

Upaya lain yang dilakukan ketiga adalah;  meningkatkan kualitas standarisasi produk usaha mikro dengan sasaran pemberian fasilitas untuk memperoleh legalitas, sertifikasi halal dan HAKI.  .

Sementara dalam penguatan permodalan, sejak tahun 2014 lalu Pemerintah Kabupaten Tangerang telah mendirikan  UPDB (Unit Pengelolaan Dana Bergulir)  yang pengelolaannya dilaksanakan oleh   UPT -UPDB  di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tangerang dengan suku bunga yang sangat rendah.

Kasi  Promosi Koperasi dan Usaha Mikro, Dra. Siti Zahro, M.Si, menjelaskan,  kegiatan pameran  produk unggulan usaha mikro Kabupaten Tangerang,  yang dilaksanakan  melalui event mall to mall  dalam tahun 2020 akan dilaksanakan sebanyak 4 kali.  Selain itu,  dilaksanakan  pameran  pada event Harkopnas tahun 2020,  pameran  HUT Provinsi  Banten dan Pameran ditingkat lokal.—(adv)

-::-Ter Viral-::-