Lensa Fokus | Media online dan Cetak Banten dan Nasional Hari ini

Tangerang

Pemkab Tangerang Raih Penghargaan Predikat AA Pengawasan Kearsipan dari ANRI

TIGARAKSA, lensafokus.id – Pemerintah Kabupaten Tangerang menyabet penghargaan Kearsipan Nasional dengan predikat AA (sangat memuaskan) kategori Pengawasan Kearsipan dengan nilai 92,00 yang diberikan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Hotel Sunan, Surakarta, Solo, Jawa Tengah, Rabu (26/2/2020).


Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo dan Plt Kepala ANRI M. Taufik kepada Asisten Daerah Bidang Administrasi Umum Kabupaten Tangerang H. Yani Sutisna yang hadir menerima langsung mewakili Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar di acara tersebut.
Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengucapkan rasa syukur atas diraihnya penghargaan kearsipan ini. Bahkan predikat yang ditorehkan Kabupaten Tangerang sangat memuaskan, dengan nilai yang sangat tinggi yakni 92,00 (AA). Prestasi membanggakan ini tidak lepas dari kerja keras tim Organisasi Perangkat Daerah (OPD), khususnya melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang yang berupaya dan berinovasi, sehingga menghasilkan torehan yang membanggakan.
“Alhamdulillah, Kabupaten Tangerang menerima penghargaan Kearsipan Nasional dengan predikat sangat memuaskan dari ANRI, ini merupakan sebuah capaian prestasi yang luar biasa yang diraih oleh Kita dalam hala kearsipan,” Kata Zaki.
Bupati Zaki berpesan, bahwa apa yang diraih ini akan jadi kebanggaan warga bersama. Menurutnya, torehan ini dipertahankan dan ditingkatkan demi kemajuan Kabupaten Tangerang tercinta. Masyarakat juga harus turut serta menjaga dan memelihara apa yang sudah dibangun oleh Pemerintah Daerah.
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang Hadisa Masyhur mengatakan, pada tahun 2019, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan pengawasan kearsipan terhadap kementerian/ lembaga dan pemerintah daerah provinsi, serta kabupaten dan kota. Dalam rangka menyampaikan hasil pengawasan, serta menyamakan persepsi dan langkah-langkah selanjutnya.
“Untuk menindaklanjuti hasil pengawasan kearsipan, ANRI menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pengawasan Kearsipan di Surakarta yang turut dihadiri oleh Pemkab Tangerang, dalam kegiatan tersebut juga syukur Alhamdulillah kita meraih predikat sangat memuaskan,” pungkasnya.
Menurut Hadisa, penghargaan tersebut diraih berkat kerja seluruh OPD dan yang terpenting kerja keras para arsiparis dan pegawai di Dinas Perpusip. Dan menurut Hadisa kedepan Pemkab Tangerang juga akan memiliki gedung diorama dan musium sehingga lebih mengenalkan kepada masyarakat luas tentang arsip dan sejarah Kabupaten Tangerang itu sendiri.
Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo mengatakan, dalam konteks reformasi birokrasi, masyarakat menginginkan layanan pemerintah yang cepat dan tidak terbatas jarak ruang dan waktu. Salah satunya dibutuhkan sistem data berbasis elektronik khususnya data kearsipan.
“Dengan sistem tersebut diharapkan tercipta tata lintas data kearsipan yang terintegrasi, otentik, handal, dinamis, aman, secara cepat, simultan, dan terarah,” kata Tjahjo Kumolo.
Untuk itu, lanjut dia, ANRI sebagai lembaga kearsipan nasional harus mampu menggerakkan dan mengorganisasi kearsipan instansi, mulai dari tingkat pusat hingga daerah. (agie/rls/kominfo)

-::-Ter Viral-::-