Lensa Fokus | Media online dan Cetak Banten dan Nasional Hari ini

Banten

Pembinaan Penyelenggaran Pemerintah Desa/ Kelurahan

Tangerang, Lensafokus;–Pemerintah Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, mengadakan pembinaan tata  kelola pemerintahan desa/kelurahan,   dalam rangka  meningkatnya pelayanan  kepada masyarakat, di Aula  Gedung Pertemuan Kec.Tigaraksa, Senin (20/1).

Camat Tigaraksa, Hj. Rahyuni, dalam sambutannya mengatakan, desa/kelurahan sebagai garda terdepan dalam pelaksanaan tata kelola pemerintahan. Oleh sebab itu,  Kepala  Desa dan Lurah, sebagai administrator pemerintahan,  pembangunan dan kemasyarakatan, harus menguasai dan memahami  tugas dan pungsinya, sehingga   roda pemerintahan dapat  berjalan dengan baik.

Dari sejumlah peserta pembinaan tata  kelola pemerintahan tersebut,  sebanyak tujuh kepala desa  merupakan pejabat  baru.  Para Kades ini merupakan hasil pemilihan secara serentak beberapa waktu lalu dan sudah di lantik.

Camat  Tigaraksa, Hj. Rahyuni,  meminta kepada para pejabat  kepala desa yang  baru  untuk terus memupuk pengetahuan dan pemahaman tentang tugas dan pungsi  kepala desa. “Jangan sungkan untuk bertanya dan berkoordinasi dengan pihak pemerintahan kecamatan  atau dengan pihak lain yang dipandang  mampu serta menguasai ilmu pemerintahan desa, sehingga dalam melaksanakan tugas dapat  berjalan  sesuai dengan aturan,”jelas Rahyuni.

Kasi Penataan dan Pembinaan Desa Adat Provinsi Banten, Triadje Yudha  Prawira,  kegiatan yang dilaksanakan Pemerinthan Kecamatan Tigaraksa, merupakan  upaya yang bagus  dalam pembinaan kepada para aparatur di desa/kelurahan.

Dalam kesempatan tersebut,Triadje Yudha Prawira, menyampaikan materi tentang tata kelola pemerintahan desa sebagaimana di atur dalam Undang-Undang Nomor Tahun 2014 tenang Desa  dan Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor6 Tahun 2014, sebagaimana di ubah dengan PP Nomor 47 Tahun 2015dan Permendagri  Nomor 83 Tahun 2015.

Kepala Desa  bertugas untuk menyelenggarakan  pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan desa, melakukan pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa.   Tugas tersebut tentunya cukup berat .Oleh sebab itu,  kepala desa  harus memahami aturan dan membagi tugas kepada perangkat desa lainnya.

Seketaris Desa Matagara,  Roni,  bersyukur adanya  pembinaan dari tingkat Kecamatan Tigaraksa. “Sebagai Sekdes yang baru menjabat, di pertemuan ini di peroleh ilmu yang sangat bermanfaat dari nara sumber bagaimana  dalam menjalankan perencanaan dan pengelolaan keuangan desa  secara baik”,jelasRoni.—(ris/em)

-::-Ter Viral-::-