Lensa Fokus | Media online dan Cetak Banten dan Nasional Hari ini

Banten

Pantai  Tanjung Layar,  Daerah Tujuan Wisata di  Banten Selatan

Lebak, Lensa Fokus.id:–Pantai  Tanjung Layar,  memiliki panorama alam yang indah.  Karang yang menjulang tinggi, bak sebuah layar terbentang, menjadi pemandangan unik dan menarik.  Sesekali karang yag tegar itu, di terjang ombak dan menghasilkan  irama  “musik alam” yang saling bersahutan  dan terdengar  begitu  indah .

Pantai Tanjung Layar  di Desa Sawarna, di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak,  Banten, sekitar 250 km dari kota Jakarta.  Sawarna, memiliki banyak destinasi wisata.   Dan setiap tempat   memiliki cerita dan ciri  khas masing-masing. Daerah  paling  ujung  di Banten Selatan, ini terus di tata dan tengah “diusung” menjadi salah satu obyek wisata unggulan Kabupaten Lebak

Menurut  Aa  Erwin Komara,  sedikitnya  ada lima  daerah wisata di Desa Sawarna,  yang bisa dikunjungi.  Kendati, suasana pantai, namun masing-masing  memiliki keunikannya masing-masing,  jelas  mantan Kades  Sawarna, Selasa (25/2)

Pantai Tanjung Layar merupakan lokasi wisata unggulan yang  ada di Desa Sawarna.  Yang menjadi ciri khas dari pantai ini yaitu terdapat sepasang karang berukuran raksasa yang bentuknya menyerupai layar kapal yang sedang terkembang, itu sebabnya tempat ini diberi nama Tanjung Layar.

Selain itu, ditempat ini terdapat gugusan karang yang menghampar luas  seperti area lapangan.  Ini akan nampak manakala  air laut surut.   Selain itu, terdapat bebatuan karang yang membentuk benteng menghadang ombak besar yang menerjang.

Bila  laut sedang surut,  wisatawan dapat  berjalan dan menepi  di karang yang menjulang ini.  Pemandangan  akan lebih indah  dan menakjubkan, manakala  senja tiba.  Saat  sang mentari  akan  menuju “peraduan”  wisatawan dapat  menikmati sunset.  Saat seperti inilah yang biasanya ditunggu wisatawan dan mereka mengabadikannya. Selfi.

Pada masa penjajahan Belanda,   daerah  pantai Tanjung Layar di sebut  “Java’s Eerste Punt”  atau  “Ujung Pulau Jawa”.  Sejarah tentang Pantai Tanjung Layar juga diceritakan dalam legenda  rakyat  Banten Selatan.m Di sekitar Tanjung layar juga terdapat sebuah karang yang berbentuk   seprti tapak (pijakan) bekas kaki.  Saking  besarnya bekas  tapak (pijakan) kaki,  penduduk setempat menyebutnya  dengan  “Pantai  Tapak Kabayan”.

Destinasin lain   di Desa Sawarna yang bisa dikunjungi adalah;  pantai pasir putih yang panjang dan landai.  Di pantai ini,  ombaknya  besar  dan  cocok untuk olahraga selancar (surfing).  Wisatawan dalam  melakukan aktivitasnya di pantai ini harus mentaati  saran dari para petugas pantai dan mentaati  rambu yang sudah diberikan.

“Kami sudah memberikan tanda mana  daerah berbahaya dan mana  daerah aman untuk berenang. Di  pantai ini sudah ada tower pemantau dari tim penjaga pantai”,   kata   ErwinKomara,  yang juga mantan anggota DPRD Lebak ini.

Menurut  Erwin Komara,  areal Pantai Sawarna merupakan aset  Pemerintah Kabupaten Lebak dengan luas sekitar  16,5  hektar.  Pemerintah Kabupaten Lebak, terus menata kawasna ini dengan mendirikan sejumlah fasilitas untuk pengunjung.   Bagi wisatawan  yang  akan  bermalam,  sudah banyak tersedia  villa atau cottage  yang dibangun masyarakat dan perusahaan pribumi dengan tarif  terjangkau  sambil “pesta”  ikan bakar di tepi pantai.—

Plt  Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak, Imam Rismahayadin, S.Hut, MM, melalui  Kasi Pengembangan Usaha ekonomi kreatif, Farid Surawan, mengatakan,   Pemerintah Kabupaten Lebak,   kini tengah  mengembangkan  daerahnya  menjadi   sebuah destinasi wisata yang dapat dibanggakan, sesuai dengan visi Kabupaten Lebak; “Menjadikan Kabupaten Lebak sebagai destinasi wisata unggulan Nasional berbasis potensi lokal”.

Ada enam daerah yang di kembangkan yaitu; Pantai Sawarna, di Desa Sawarna,  Kebun Teh Cikuya, di Desa Hegarmanah, Kecamatan Cibeber dan  Wisata Joglo,  di atas perbukitan tepatnya di Desa Harjawana, Kecamatan Bojongmanik.  Kemudian, wisata Alam Cikujang,  di Desa Ciginggang, Kecamatan Gunungkencana dan Kampung Wisata Cilebu, yang berada di ketinggian 1300 mdpl,  tepatnya di kaki Gunung Endut, Desa Pasir Haur, Kecamatan Cipanas.(dimas/em)

-::-Ter Viral-::-