Sekda OKU Buka Seleksi Tilawatil Quran Ke XXVI Tingkat Kabupaten

Baturaja Oku, lensafokus.id -- Sekretaris Daerah OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, SH, MT, M.Si, MH, M.Pd Membuka Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-26 Tingkat Kabupaten OKU tahun 2021 Bertempat di Masjid Agung Islamic Centre Baturaja, Selasa (06/04/2021).

STQ Ke-26 tahun 2021 dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 6 sampai tanggal 9 April 2021 di kompleks Masjid Agung Islamic Centre Baturaja.

Kabag Kesra Setda OKU selaku ketua panitia pelaksana STQ ke-26 Kadarisman, S.Ag., M.Si dalam laporannya menyampaikan tujuan penyelenggaran STQ ke-26 tahun 2021 ini untuk mempersiapkan qori/qoriah hafidz/hafidzoh terbaik kabupaten OKU untuk mengikuti STQ tingkat provinsi Sumsel yang akan berlangsung dari tanggal 21 sampai 26 Mei di kabupaten OKU Timur.

STQ ini diikuti 13 kecamatan dengan jumlah peserta sebanyak 101 orang peserta. Adapun cabang yang di lombakan sebanyak 7 cabang, yaitu tilawah anak putra/putri, tilawah dewasa putra/putri, 1 juz dan tilawah putra/putri, 5 juz dan tilawah putra/putri, 10 juz putra/putri, 20 juz putra/putri, dan 30 juz putra/putri.

Sekretaris daerah OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi. S.E. S.H., M.T., M.Si. M.H., M.Pd dalam sambutannya mengatakan Al-Quran adalah wahyu Allah yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW untuk dijadikan sebagai petunjuk, penjelasan sekaligus pembeda bagi umat manusia.

Dalam kaitan ini, nilai-nilai aqidah dan nilai ukhuwah islamiyah yang terkandung dalam Al-Quran kiranya dapat menjadi landasan bagi umat islam dalam kehidupan masyarakat.

IMG 20210406 WA0023 compress4

Dikatakan, berkaitan dengan STQ tahun 2021 ini yang diselenggarakan setiap tahun, guna untuk menseleksi, mempersiapkan, membina, dan memantapkan kesiapan kabupaten OKU untuk STQ tingkat provinsi untuk menentukan qori/qoriah terbaik untuk penyelenggaraan MTQ tingkat nasional. Selain itu, dengan semangat STQ tahun 2021 ini, dapat membangun kebersamaan umat islam yang bersatu, rukun, dan damai.

STQ merupakan bagian dari upaya untuk memuliakan dan mendorong dan terus mencintai Al-Quran.

STQ tahun 2021 ini, diharapkan dapat berlangsung dengan aman, dan lancar sesuai harapan. Untuk ini, Sekda meminta dewan juri menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, dan kepada para peserta agar mengikuti STQ ini dengan baik sehingga dapat menghasilkan qori/qoriah terbaik tingkat kabupaten OKU.

Pada kesempatan ini, Sekretaris daerah mewakili Plh. Bupati OKU melantik susunan dewan hakim STQ ke-26 tahun 2021tingkat kabupaten OKU, dengan ketua dewan hakim Drs. H. Ishak Putih, M.Si, Sekretaris Muhammad Rofiq, M.Si, Muhammad Ali, M.Hum dan anggota dewan hakim lainnya.

STQ ke-26 tahun 2021 mengangkat tema "Jadikan bacaan Al-Quran sebagai terapi untuk memperkuat imun tubuh di masa Pandemi Covid-19".

Turut Hadir Mewakili Forkopimda OKU, OPD dan Kabag Terkait, Para Camat, Ketua MUI, Ketua Baznas, TP.PKK OKU, DWP OKU serta Undangan Lainnya.

(Avn)

Rate this item
(0 votes)
Go to top