Perempuan Pertama, Nahkoda Baru HMI Cabang Cianjur, Cetak Sejarah Dalam Konfercab HMI Ke-13

Foto : Adi Adam Mide Formateur & Elsa Krismawati, S.H Formateur Ketua Umum HMI Cabang Cianjur Foto : Adi Adam Mide Formateur & Elsa Krismawati, S.H Formateur Ketua Umum HMI Cabang Cianjur

Konferensi Cabang (Konfercab) ke- XIII Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Cianjur periode 2019-2020 dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Rabi’ul Akhir 1442 H bertepatan dengan 21 November 2020 M, dimulai pada pukul 16.30 WIB yang bertempat di Aula ICMI ORDA Kabupaten Cianjur. Pada pembukaan Konferensi Cabang (Konfercab) ke- XIII Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Cianjur periode 2019-2020, dimana Rusli Dinata selaku panitia pelaksana.

Pelaksanaan konfercab HMI Cabang Cianjur didasarkan pada hasil Pleno 1 yang dilaksanakan pada 22 Oktober 2021 dari rekomendasi organisasi, yang dihadiri oleh seluruh ketua komisariat sewilayah kerja HMI Cabang Cianjur.

Konfercab ke – 13 dihadiri pula oleh Wakil Sekretaris Bidang Badan Koordinasi HMI Jawa Barat Paisal Anwari, dan dibuka oleh Presidium Majelis Daerah (MD) Kahmi Cianjur, yang diwakili oleh Euis Latifa. Dalam kesempatan tersebut Euis Latifa menyampaikan “ Konferensi cabang merupakan momentum yang sangat penting demi adanya regenerasi dalam himpunan mahasiswa islam cabang cianjur, ke depannya semoga program-program kerja HMI cabang cianjur dapat disesuaikan dengan keadaan serta kebutuhan terutama di masa pandemic seperti sekarang “.

Dalam konfercab HMI Cabang Cianjur ke-13 terdapat dua kandidat, Kandidat Pertama Adi Adam Subekti, Adi adam merupakan mahasiswa semester 7 di Fakultas Sains Terapan UNSUR, juga wakil sekretaris Pembinaan Anggota HMI cabang cianjur periode 2019-2021, merupakan kandidat yang diusung oleh komisariat arasy, Adi adam membawa tagline ADAMISME yang merupakan akronim dari ( Intelektual, Santun, Millenial, Elegan).

Kandidat selanjutnya Elsa Krismawati, merupakan kandidat kedua yang berasal dari Komisariat Hukum UNSUR, yang pada tahun ini telah menyelesaikan studinya di Fakultas Hukum UNSUR pada tahun 2020, merupakan mahasiswa yang semasa kuliah aktif , dan juga mantan Sekretaris Umum HMI Cabang Cianjur Periode 2019-2020, dengan membawa tagline SOLUTIF & INKLUSIF.

Forum konfercab, dipimpin oleh Ilham Yassar, selaku presidium sidang tetap, Dalam babak forum, verifikasi calon ketua oleh Muhammad Sulaeman selaku Koordinator Steering Committee, menghasilkan Elsa Krismawati sebagai calon tunggal, karena Adi Adam tidak lolos tahap verifikasi Secara Administratif.

Konferensi cabang Cianjur mencetak sejarah, Elsa sebagai perempuan pertama yang menjadi ketua umum HMI cabang Cianjur , ketika sebelumnya selama 12 tahun HMI berkiprah di tanah Cianjur didominasi oleh ketua umum laki-laki.

Dalam prakatanya setelah ditetapkan menjadi Formateur Ketua Umum HMI Cabang Cianjur,Elsa mengatakan “ sesuai dengan visi yang saya tawarkan yakni optimalisasi pergerakan himpunan yang solutif menjadikan HMI sebagai lingkungan yang inklusif, artinya ditengah kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi sumber daya di HMI harus dilatih dengan basis digitalisasi supaya berdaya guna sesuai dengan kebutuhan masa sekarang, HMI harus mampu jadi inisiator gerakan-gerakan, serta keberadaan HMI harus mampu bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya”.

Konfercab ke 13 yang dilaksanakan dengan sukses dan lancar, tidak terlepas dari segala dinamika namun pada akhirnya mencetak sejarah dan menghasilkan nahkoda baru, Elsa sebagai ketua umum perempuan pertama, hal ini sejatinya dapat memberikan warna baru serta daya Tarik tersendiri di HMI Cabang Cianjur.

Penulis : Salman Alfaritsi

Rate this item
(0 votes)
Go to top