Lensa Fokus | Media online dan Cetak Banten dan Nasional Hari ini

Kesehatan

KWT Ciwandan, Mempersiapkan Lomba Toga Tingkat Provinsi Banten

Cilegon, Lensa Fokus.id:—Kelompok Wanita Tani (KWT) Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon,  sejak beberapa bulan lalu terus bergerak aktif  dan mempesiapkan diri  untuk  menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Banten dalam ajang lomba Tanaman Obat Keluarga (Toga).

“Kami tengah mempersiapkan anggota KWT Kecamatan Ciwandan untuk menjadi kelompok yang terbaik dalam ajang lomba TOGA se-Banten”, kata Ketua KWT Kecanatan Ciwandan,  Ratu Agus Ariadi, di lokasi kebun Toga Kubangsari, Selasa (3/02).

Para anggota KWT Ciwandan, pada hari itu nampak begitu semangat, kendati hujan turun rintik. Mereka terus menata dan mengurus berbagai jenis tanaman obat yang nampak tumbuh subur di kebun milik anggota di Desa Kubangsari.

 Nampak hadir bersama anggota KWT  Lurah Kubangsari, Wardiah,Spd, Ketua Pokja 3 PKK Kota Cilegon, Dra.Yati Mulyati dan Ida Mamak, mengamati satu persatu semua tanaman yang di tanam oleh kaum hawa ini.

Selain terus memelihara kebun yang penuh dengan tanaman Toga, beberapa waktu lalu TP PKK Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, melakukan studi banding guna meningkatkan potensi sumberdaya manusia dan belajar tentang Tanaman Oba Keluarga (Toga) dan  berbagi inovasi dengan Kelompok Wanita Tani Atharium, di Kelurahan Larangan Selatan, Kota Tangerang. Kelompok Wanita Tani Atharium, merupakan juara lomba Tanaman Obat Keluarga (Toga) Tingkat Provinsi Banten pada tahun 2019 (lensa fokus edisi:27/02)

Kegiatan yang dilakukan Kelompok Wanita Tani Larangan Selatan, mereka menanam dan memanen sayur-sayuran, tanaman obat-obatan, dengan memanfaatkan lahan yang ada, seperti halaman rumah untuk dijadikan kebun dalam skala kecil.

Hasil panennya pun tak kalah dengan petani dibidangnya, segar dan alami   tanpa campuran pestisida. Dari hasil panen tersebut tidak serta merta langsung dijual, namun terdapat rumah olahan untuk menghasilkan turunan produknya yang memiliki nilai manfaat dan ekonomis tinggi.

“Kami yakin, dengan memadukan potensi dan semangat ibu-ibu TP PKK  Ciwandan dan hasil menimba ilmu dari Kota Tangerang Selatan, akan menjadi KWT   yang terbaik pada lomba  Toga di Tingkat Provinsi Banten pada  tahun 2020 ini.” kata Ketua TP PKK Ciwandan.—( udan/dimas)

-::-Ter Viral-::-


To Top
WhatsApp chat