Lensa Fokus | Media online dan Cetak Banten dan Nasional Hari ini

Tangerang

Kunjungi Feedloter, Kapolresta Tangerang Dorong Manfaatkan Kotoran Sapi Jadi Pupuk Kompos

Tangerang, lensafokus.id – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengunjungi perusahaan penggemukan sapi atau feedloter PT. Tanjung Utama Mandiri (TUM) di Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Selasa (21/7/2020).

Kunjungan Ade itu sebagai bentuk monitoring ketersediaan hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha. Selain itu, dalam kunjungannya, Ade juga mendorong agar kotoran sapi dapat dimanfaatkan untuk menjadi pupuk organik atau pupuk kompos.

“Pupuk kandang sapi merupakan kotoran yang mengandung serat yang tinggi dan sangat cocok untuk menggantikan pupuk dan pestisida bahan kimia,” kata Ade.

Pengolahan kotoran sapi menjadi pupuk organik, kata Ade, dapat bermanfaat untuk menunjang usaha ketahanan pangan. Dikatakan Ade, saat ini di beberapa titik, sedang dilaksanakan upaya pemanfaatan lahan tidur untuk bercocok tanam. Kata dia, tanaman yang digarap diantaranya jagung, bayam, cabai, tomat, dan tanaman produktif lainnya.

“Pemanfaatan kotoran sapi untuk jadi pupuk dapat membantu usaha ketahanan pangan di tengah Pandemi Covid-19,” ujar pimpinan Polresta Tangerang ini.

Ade menambahkan, kotoran sapi yang kemudian akan diolah menjadi pupuk nantinya akan didistribusikan ke lokasi-lokasi lahan yang sedang digarap cocok tanam salah satunya di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Dia melanjutkan, pengolahan kotoran sapi menjadi pupuk organik juga diharapkan dapat memberdayakan masyarakat sebagai tenaga pengolah. Dengan demikian, pengolahan kotoran sapi menjadi pupuk dapat bermanfaat untuk menunjang upaya ketahanan pangan sekaligus dapat berfungsi sebagai sarana pemberdayaan masyarakat.

“Prinsipnya saling bergotong-royong semua elemen masyarakat termasuk pelaku usaha dalam rangka memperkuat ketahanan pangan,” tandasnya. (Mad Sutisna)

-::-Ter Viral-::-