Lensa Fokus | Media online dan Cetak Banten dan Nasional Hari ini

Bisnis

Kemnaker  Gelar  Sosialisasi “Link and Match Campus”  dan Dunia Kerja

Jakarta, Lensa Fokus: Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) akan menggelar acara Goes to Campus. Kegiatan dengan tema “Link and Match Kampus, Dunia Kerja, Kewirausahaan, dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Kearifan Lokal”, bertempat di Universitas Nahdathul Ulama Indonesia (UNUSIA) Parung, Bogor, Jawa Barat,  pada Kamis  (13/02/2020)  ini  dibuka oleh Menteri  Tenaga Kerja  RI,  Dra.Hj. Ida Fauziyah, M.Si

Acara yang  mendapat perhatian kawula  muda tersebut di isi dengan sejumlah acara, seperti;  Talkshow, Coaching Clinic Ketenagakerjaan yang meliputi bimbingan dan konseling terkait dunia kerja dan kewirausahaan. Selain itu,  ada pameran produk  binaan.

Program dari talkshow sendiri terbagi menjadi dua sesi. pembicara pada talkshow sesi pertama akan di isi Staf Khusus Presiden Aminuddin Ma’ruf, Plt Ditjen Binapenta & PKK RI Aris Wahyudi, dan Ketua Umum Idepreneurs, Prianto Indra.

Prianto Indra, salah seorang idepreneurs dan usahawan muda  kelahiran Tangerang dan berhasil mengembangkan usahanya di bidang proferti.  Prianto  bersama tim kerjanya sejak setahun lalu mencoba mengembangkan ide untuk pembangunan Tol Air, sebagai salah satu upaya mengatasi banjir di ibu kota negara, Jakarta.

Prianto, dalam kesempatan acara itu  mengajak kepada kawula muda untuk memanfaatkan potensi sumber daya  yang ada. Jangan banyak menunda dan tidak perlu khawatir dengan usahawan yang sudah besar.  Jika diperlukan lakukan kolaborasi untuk mencapai tujuan.

Idepreneurs  dari Kabupaten Tangerang mengajak genersi muda,  untuk selalu “upgrade skill”, terus menambah  wawasan dan pengetahuan serta berperan serta dalam kegiatan pasar  sekecil apapun peranannya. Kedepan,  idepreneurs akan bersinergi dengan kementrian melanjutkan kegiatan goes to  campus  dengan mengirimkan praktisi usaha/profesional untuk melakukan coaching klinik dan pembinaan usaha.

Di acara sesi  kedua menghadirkan pelaku start up, yakni Divanda Gita Desiani Founder dari Klei & Clay, Junjungan Rumapea Founder dari  samakita.co.id, dan Yuricho Billy dari Bersama Coop.

Direktur Pengembangan dan Perluasan Kesempatan Kerja, Indyah Winasih, menjelaskan bahwa perkembangan teknologi dan informasi telah berpengaruh terhadap perkembangan ketenagakerjaan. Untuk menghadapi perkembangan tersebut, generasi muda, khususnya perlu dipersiapkan peningkatan kompetensi keterampilannya.

Dijelaskan  Indyah,  bahwa Goes to Campus ini untuk sarana sosialisasi program-program.  Oleh karena, masih banyak generasi muda yang belum mengetahui tentang program kegiatan dari  Kementrian Tenaga Kerja RI, sedangkan peluang kesempatan  kerja di isi oleh generasi muda.

“Program dari Kementrian Tenaga Kerja tidak hanya membuka ruang bagi peningkatan skill calon pekerja, tetapi juga untuk generasi muda yang berencana terjun pada dunia wirausaha.  Dan menjadi wirausaha pada era kini dibutuhkan kreativitas dan inovasi, sehingga wirausahawan akan tetap bertahan dalam berbagai perubahan iklim bisnis dan indusri ”,  jelas Indyah. –(ko/em)

-::-Ter Viral-::-