Lensa Fokus | Media online dan Cetak Banten dan Nasional Hari ini

Tangerang

Kecamatan Pakuhaji, ‘Bersama, Waspada Dan Tangkal Virus Corona’

Kecamatan Pakuhaji, ‘Bersama, Waspada Dan Tangkal Virus Corona’

Lensa Fakus KABUPATEN TANGERANG – Pemerintah Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang melaksanakan sosialisasi pencegahan Virua Corona (Covid – 19) di Gedung Sekretaris Bersama Kamis 5 Maret 2020.

KABUPATEN TANGERANG, lensafokus.id – Pemerintah Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang melaksanakan sosialisasi pencegahan Virua Corona (Covid – 19) di Gedung Sekretaris Bersama, Kamis (5-3-2020).

Asnawi Camat Pakuhaji yang membuka kegiatan menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan terkait dengan viralnya wabah penyakit virus Corona yang saat ini tengah melanda.

Bahwa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat merupakan salah satu tugas saya, seperti pada kegiatan ini, ini merupakan Bentuk tindak lanjut rapat koordinasi dengan pemerintah daerah kabupaten Tangerang terkait penanggulangan/pencegahan penyebaran virus corona.

Adanya tindak lanjut dari seluruh elemen dalam mensosialisasikan tentang Virus Corona ini kepada masyarakat khususnya di wilayah kecamatan pakuhaji ini,”jelasnya.

‘Untuk dapat tercegah indikasi virus corona, masyarakat wajib menerapkan pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Salah satunya dengan rutin mencuci tangan dengan air mengalir sebelum dan sesudah beraktifitas.

Sedangkan untuk masyarakat, dia pun menyarankan agar rutin membersihkan rumah dan lingkungan sekitar apalagi pasca terjadinya genangan air. Karena lingkungan yang kotor bisa menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit, “jelasnya.

Demikian halnya dijelaskan
Dokter Umum Puskesmas Sukawali,
dr Mistuti Alwiyah, Novel Corona Virus adalah virus baru penyebab penyakit saluran pernafasan. Virus ini berasal dari Cina dan merupakan satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS.

“Gejala klinis dari virus Corona ini diantaranya demam, batuk pilek, gangguan pernafasan, sakit tenggorokan serta letih dan lesu. Masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat setiap hari untuk mencegah penularan virus tersebut,” katanya.

Menurutnya, upaya pencegahan yang dapat dilakukan agar terhindar dari virus Corona diantaranya rajin Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), gunakan masker apabila sedang batuk atau pilek, konsumsi gizi seimbang serta perbanyak makan sayur dan buah, hati-hati apabila kontak dengan hewan, rajin olahraga dan istirahat yang cukup, jangan mengonsumsi daging yang tidak dimasak serta bila batuk, pilek dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan.

Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat semakin paham cara pencegahan dan penularan virus corona, khususnya memeriksa diri atau keluarga.

“Saya berpesan kepada warga tetap waspada dan selalu budayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti biasakan cuci tangan, makan makanan bergizi seimbang dan olahraga,”ujarnya.

Hadir pada kegiatan Camat, Sekcam, Kapolsek, Koramil, Pemerintah Desa, Unsur Kesehatan, Unsur pendidikan, MUI, OKP, tokoh ulama,Masyarakat se Kecamatan Pakuhaji. (Hadi)

-::-Ter Viral-::-


To Top
WhatsApp chat