Lensa Fokus | Media online dan Cetak Banten dan Nasional Hari ini

Tangerang

Kabupaten Tangerang,  Tuan Rumah City Sanitation Summit XX 2020

Tigaraksa, Lensa Fokus.id:— Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, rencannya akan menjadi tuan rumah City Sanitation Summit (CSS) XX tahun 2020, yang akan di gelar pekan kedua oktober 2020  mendatang.

City Sunitation Summit XX (CSS XX)  mengusung tema “Inovasi dan Penguatan Kemitraan serta Pembiayaan untuk Sanitasi Inklusif menuju SDGs 2030”, beranggotakan  Kabupaten/Kota dan bernaung dalam wadah  Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI).

Untuk suksesnya perhelatan tersebut, Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar, memimpin Rapat Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI), di  ruang rapat Cituis lantai empat gedung Bupati Tangerang, Senin, (24/02).

Bupati Tangerang,  A. Zaki Iskandar, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Kabupaten Tangerang, sebagai tuan rumah City Sanitation Summit (CSS) XX tahun 2020 dan memaparkan potensi dan keberhasilan Kabupaten Tangerang dalam penanganan sanitasi pesantren, sekolah dan program gebrak Pakumis.

Menurut  Bupati  Zaki Iskandar, perhelatan akbar tahunan aliansi pemerintah daerah terbesar di Indonesia itu akan berlokasi lokasi di Gading Serpong, Kecamatan Kelapadua.

“Perhelatan CSS XX yang rencananya akan dilaksanakan pada 13 oktober  mendatang, dan akan berbarengan dengan peringatan Hari jadi  ke-388 Tahun  Kabupaten Tangerang”, jelas Zaki Iskandar.

Venue yang akan disiapkan yaitu Das Cisadane Kecamatan Kelapadua, dimeriahkan oleh Tari Cukin khas Kabupaten Tangerang, Seni Karinding, Stand Up Comedy dengan bintang tamu Cak lontong, Air Mancur menari, pesta kembang api dan parade Kayak Sungai.

Usai rapat,  Bupati  Zaki Iskandar, mengajak anggota Akkopsi, seperti;  Bupati Pringsewu, Bupati Karanganyar, Bupati Malang, Walikota Bontang, Walikota Cimahi, Walikota bogor dan Kota Depok, mengunjungi  SMPN 3 Kabupaten Tangerang untuk meninjau program Sanitasi Sekolah (Sanisek) dan Sanitasi Pesantren (Sanitren) di pesantren Darul Tahfiz, Kecamatan Jambe.

Ketua Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI), Syarif Fasha, menjelaskan ada sembilan agenda Akkopsi yang akan di gekar dalam perhelatan akbar ini.

Ke sembilan agenda tersebut diantaranya; Lokakarya Sekda/Asda Akopsi, Advokasi dan Horizontal Learning (AHL), City Sanitation Summit (CSS) XX, Akopsi Negri, Smart Sanitation Award (SSA), Audensi presiden dan menteri. Kemudian, Study Banding,  Konferensi, dan sinergi kementrian.

“Kita akan selenggarakan SCC XX di Kabupaten Tangerang, sekaligus pemberian Smart Sanitation Award dan Expo Santiation 2020 se-Indonesia,” kata Syarif Fasha, walikota Jambi.—(kominfo/egi)

-::-Ter Viral-::-