Lensa Fokus | Media online dan Cetak Banten dan Nasional Hari ini

Banten

Jamaah Majlis Taklim, Addhinul Kholis, Karawaci, Bantu Korban Banjir di Sajira

Tangerang, Lensa Fokus.id;–Sikap kepedulian membantu para korban terdampak banjir bandang yang sempat melanda wilayah Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten, pada awal memasuki tahun 2020 yang lalu, kali ini ditunjukan oleh jamaah Majlis Taklim  Addhinul Kholis, Perumnas II, Karawaci, Tangerang.

Lembaga dakwah dan sosial yang di pimpin, KH. Holies Basuno, ini bersama  para jamaah, menyerahkan bantuan pinjaman permodalan kepada  13 kelompok usaha mikro  jenis usaha warungan,  anyaman bambu dan tambal ban, penduduk Kampung  Seupang, Desa Calungbungur, Kecamatan Sajira,  Kamis (20/2).

Menurut  KH, Holies Basuno, dalam penyerahan bantuan  yang dilaksanakan di kampungan Seupang, ini diberikan dalam bentuk bantuan pinjaman dengan pola Qardhul-hasan.  Pola ini adalah sebuah pinjaman, namun  tanpa imbalan dengan kewajiban pihak peminjam mengembalikan pokok pinjaman dalam jangka waktu tertentu.

”Para penerima bantuan pinjaman,  harus mengembalikan  pinjamannya tanpa jasa/imbalan sesuai dengan kemampuan.  Nantinya, uang pengembalian tersebut,  akan disalurkan kembali dengan model yang sama kepada masyarakat yang membutuhkan di wilayah tersebut.  Uang tersebut terus bergulir dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara luas ”, jelas KH.Holies.

Sementara Herat Suratno, menjelaskan, agar pinjaman permodalan tersebut dapat berjalan sesuai dengan harapan, pihaknya menunjuk koordinator Ustad Usuf  dan Ustad Endang,  penduduk Seupang,  Calungbungur, untuk mengatur dan membina para usaha mikro tersebut.

”Jumlah uang uang disalurkan kepada pelaku usaha mikro yang terdampak banjir sebesar Rp20 juta.  Uang itu, berasal dari iuran jamaah Majlis Taklim  Addhinul Kholis, Perumnas II  Karawaci, Kabupaten Tangerang.  Jumlahnya tidak seberapa,  namun itulah bentuk kepedulian dari keluarga besar  Perumnas II”, kata Suratno, warga Karawaci asal kota Rangkasbitung ini.

Menurut Heratno, perwakilan dari jamaah  ”Addhinul Kholis” yang berangkat menyerahkan bantuan pinjaman diantaranya;  Ustadz Holies, Ustad Ahmad Haryanto, Ustadz Muklis, Marsudi, Gatot,  Budi S, H Bambang, Tb Malik, Aries dan Buyung.  ”Alhamdulillah kami disana, diterima dengan penuh kekeluargaan di sebuah majlis.  Kami pun sempat mengelilingi sejumlah perkampungan yang pernah direndam banjir dan kondisinya sangat memprihatinkan.   Semoga dengan bantuan yang diberikan, usaha para pelakuu saha mikro dapat terrus  berkambang  dan maju”, jelas Heratno.

Seperti diberitakan Lensa Fokus sebelumnya, memasuki awal tahun baru 2020, sebanyak 6 kecamatan di wilayah Kabupaten Lebak diterjang banjir bandang.  Banjir bandang tesebut, meluluhlantakan 28 desa  dengan jumlah korban  sebanyak 10 orang tewas, 30 buah jembatan permanen/gantung rusak dan putus, 1.110  unit rumah terendam, 521 rumah rusak ringan, 1,410 unit rusak berat dengan jumlah yang terdampak sebanyak  2.913 KK  (11.652 orang) mengungsi.–—(dimas/em)

-::-Ter Viral-::-