Lensa Fokus | Media online dan Cetak Banten dan Nasional Hari ini

Pendidikan

Dukung Pertumbuhan Wirausaha, Mahasiswa Esa Unggul Latih Pelajar Dirikan Startup

Foto: Mad Sutisna/Lensa Fokus

TANGERANG, LENSA FOKUS – Sejumlah mahasiswa menggelar pelatihan Startup untuk pelajar di sekolah menengah atas. Acara yang berjudul “How to Build a Sustainable Startup” ini dihadiri lebih dari 50 siswa-siswi perwakilan kelas dari tingkat X (sepuluh) hingga XII (dua belas), Senin (27/1/2020).


Kegiatan ini merupakan wujud dari dukungan para mahasiswa fakultas ilmu komunikasi Universitas Esa Unggul Kampus Citra Raya terhadap pertumbuhan angka wirausaha di Indonesia. Dengan difasilitasi oleh pegiat Startup yang telah berpengalaman selama lebih dari 8 (delapan) tahun, yang juga seorang mahasiswa Universitas Esa Unggul dan merupakan salah satu alumni pertukaran pemuda Indonesia – Singapura, pelatihan ini berlangsung selama 3 jam di SMAN 17 Kabupaten Tangerang.


Para peserta dibagi menjadi sejumlah kelompok dan berperan sebagai tim Startup yang akan menciptakan sebuah produk. Selain diberikan pemahaman dasar-dasar tentang Startup, para peserta pelatihan juga difasilitasi untuk mewujudkan ide bisnisnya ke dalam sebuah business model. Melalui kegiatan design thinking, para peserta diajak untuk memetakan masalah yang biasa terjadi sehari-hari, kemudian menemukan solusi untuk dapat menyelesaikan permasalahan tersebut, hingga mereka mampu menciptakan keuntungan melalui produk yang diciptakan.
Meskipun tergolong sangat muda, para peserta tetap antusias mengikuti kegiatan pelatihan ini dan mereka juga mampu untuk menyelesaikan business model yang mereka ciptakan. Pada akhir acara, seluruh kelompok mempresentasikan Startup-nya di depan kelas dan meyakinkan para peserta lain untuk membeli produk mereka. Dalam Startup sendiri, kegiatan ini disebut dengan pitching yang biasa dilakukan untuk menggaet investor.
Kegiatan ini diinisiasi oleh Bugi Satrio, seorang dosen Fakultas ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul yang juga berperan sebagai penasehat dalam kegiatan ini. Ia mengatakan bahwa sebagai mahasiswa harus memiliki kepedulian dengan terjun langsung ke masyarakat untuk mendukung kemajuan bangsa.
Faiz Rabbani, sebagai mahasiswa fakultas ilmu komunikasi Universitas Esa Unggul yang juga merupakan fasilitator dalam pelatihan Startup ini mengaku sangat mengapresiasi minat para siswa-siswi SMAN 17 Kabupaten Tangerang untuk mengikuti kegiatan ini.
“Business model yang diciptakan oleh para peserta pelatihan ini cukup bagus dan saya harap dapat mereka wujudkan,” pungkas Faiz Rabbani. (anoy)

-::-Ter Viral-::-