Lensa Fokus | Media online dan Cetak Banten dan Nasional Hari ini

Nasional

Ditresnarkoba Polda Kepri Musnahkan 1.636,47 Gram Sabu Dan 6.000 Gram Daun Ganja Kering

BATAM, Lensa Fokus.id:– Menjelang  pelaksanaan ibadah Shaum Ramadhan 1441H, Ditresnarkoba Polda Kepri, memusnahkan barang bukti Narkotika jenis sabu seberat 1.636,47 gram dan mengamankan 6.000 gram daun ganja kering, Kamis (23/4/20).

Hadir dalam pemusnahan barang bukti tersebut Dirresnarkoba Polda Kepri Muji Supriyadi, S.H., S.Ik., M.H., Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt S., S.IK., M.Si. perwakilan BNNP, Bea Cukai, Kejaksaan, BPOM, LSM Granat dan Kuasa Hukum.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt S., S.IK., M.Si. mengatakan, pemusnahan barang bukti yang dilaksanakan pada hari ini secara serentak digelar oleh Polda Kepri dan jajarn Polres dalam rangka menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan.

“Hal ini tentu dapat dimaknai bahwa kegiatan Kepolisian  akan terus dilakukan oleh Polda Kepri dan jajaran Polres dalam rangka memberikan rasa aman dan ketenangan kepada masyarakat melaksanakan ibadah puasa di Bulan Ramadhan,” kata Kabid Humas Polda Kepri.

Sepanjang bulan Februari 2020 sampai dengan April 2020, sebanyak 14 Orang tersangka diamankan berdasarkan dari 6 laporan polisi yang ditangani oleh Ditresnarkoba Polda Kepri.

Menurut Kabid Humas, jajaran Ditresnarkoba Polda Kepri berhasil mengungkap peredaran Narkotika jenis sabu dan daun ganja kering dari 14 orang tersangka dengan barang bukti Narkotika jenis sabu sebanyak 1.809,61 gram, dilakukan pemusnahan sebanyak 1.636,47 gram, sisanya 149,14 gram dikirim ke labfor cabang Medan dan 24 gram untuk pembuktian di persidangan.

Sementara, sebanyak 6.000 gram daun ganja belum dilakukan pemusnahan karena masih menunggu ketetapan sita barang bukti dari Kejaksaan Negeri Batam,”  jelas Kabid Humas Polda Kepri.

“Dari barang bukti yang kita sita, jika diasumsikan1 gram sabu dapat digunakan oleh 5 orang pengguna, sehingga jumlah orang yang dapat diselamatkan adalah : 1.809,61  gram sabu dikali 5 orang sama dengan 9.048 orang atau jiwa,” kata Kabid Humas Polda Kepri.

Begitu juga hal nya dengan Narkotika jenis daun ganja kering sebanyak 1 gram daun ganja diasumsikan dapat digunakan oleh 5 orang pengguna, sehingga jumlah orang yang dapat diselamatkan adalah : 6000 gram daun ganja kering dikali 5 orang pengguna sama dengan 30 orang atau lebih,” ujarnya.

Selanjutnya barang bukti narkotika jenis sabu dilakukan pengecekkan oleh Biddokkes Polda Kepri, dalam pengecekkan sampel tersebut terbukti bahwa serbuk Kristal tersebut merupakan Narkotika jenis sabu. Selanjutnya dilakukan pemusnahan dengan cara direbus menggunakan air panas.

Dikatakan Kabid Humas,  seiring dengan tibanya pelaksanaan ibadah Shaum Ramadhan,  Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto S.IK., MH., beserta staf dan jajaran  menyampaikan; Marhaban ya Ramadhan semoga dibulan suci ramadhan ini kita mampu meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama, meningkat seluruh ibadah-ibadah kita, meningkatkan kedisiplin diri sehingga ita mampu menurunkan penyebaran covid – 19 di wilayah Provinsi Kepri,” kata Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry.—(andri/em)

-::-Ter Viral-::-


To Top
WhatsApp chat