Lensa Fokus | Media online dan Cetak Banten dan Nasional Hari ini

Tangerang

Diduga Melanggar Dua UU Terkait Hak Pekerja, PT Sumber Indah Lestari Disoal

Foto: Mad Sutisna/Lensa Fokus

TANGERANG, LENSA FOKUS – PT Sumber Indah Lestari yang bergerak di bidang jual-beli alat kosmetik diduga melakukan tindakan yang melanggar dua Undang-undang yang menyangkut hak para pekerjanya.

Dengan dugaan dua pelanggaran tersebut, dengan ini LBH Situmeang melayangkan somasi atas kliennya yang merupakan mantan pekerja dari PT Sumber Indah Lestari, Rabu (22/1/2020).

Anri Saputra Situmeang, Direktur Eksekutif LBH Situmeang mengatakan, sebelumnya pihaknya telah melayangkan somasi pertama/Peringatan kepada PT Sumber Indah Lestari pada 15 Januari 2020 dengan surat nomor: 01/04/LBH-SITUMEANG/2020.

“Hingga kini tak ada itikad baik dari PT Sumber Indah Lestari terhadap klien kami Riska Ramadani. Dengan dasar tersebut kami layangkan somasi kedua ini,” terangnya kepada awak media di Kantor PT Sumber Indah Lestari di Jl. Raya Serang KM 12, Kampung Kadu, Desa Suka Mulya, Rt 003/001, Kacamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang.

Yang mana, Anri mengatakan, PT Sumber Indah Lestari telah melanggar Pasal 9 & 38 Undang-undang nomor 39 tahun 1999 tentang HAM terkait penahan ijazah dan Pasal 4 Keputusan Menteri Nomor Kep. 102/MEN/VI/2004 tentang Waktu Kerja Lembur dan Upah Kerja Lembur menyebutkan: Ayat (1) Pengusaha yang mempekerjakan pekerja/buruh melebihi waktu kerja, wajib membayar upah lembur.

“Dengan hal ini, jika masih tidak ada itikad baik dari PT Sumber Indah Lestari yang bergerak dalan penjualan kosmetik tersebut, kami akan bawa kasus ini ke Dinas Ketenagakerjaan untuk di sidangkan,” tegas Anri.

Sampai berita ini diturunkan, pihak Personalia dari PT Sumber Indah Lestari tak bisa dikonfimasi. Upaya konfirmasi sudah dilakukan berupa melakukan wawancara melalui pesan singkat, namun tidak ada jawaban dari Personalia. (Anoy

-::-Ter Viral-::-