Lensa Fokus | Media online dan Cetak Banten dan Nasional Hari ini

Tangerang

Di Tengah Pandemik Kecamatan Sepatan Panen Sayur Hidroponik

Di Tengah Pandemik Kecamatan Sepatan Panen Sayur Hidroponik

Sepatan, lensafokus.id – Dalam Rangka Meningkatkan Ketahanan Pangan warga di tengah kondisi pandemik Covid-19 yang juga  belum ada tanda-tanda akan berakhir,  Camat Sepatan Dadang Sudrajat dan Kepala Desa Sarakan melaksanakan panen sayuran Hydroponik yang berlokasi di Perumahan Duta Asri Palem 5 RT.01/03, rabu (08/07/2020).

Adapun pelaku taninya adalah Kelompok Wanita Tani Desa Sarakan Kabupaten Tangerang yang memang telah lama di bentuk oleh Desa,  dan salah satu buktinya mereka berhasil menyulap lahan untuk menanam sayur Hydroponik.

Camat Sepatan Dadang Sudrajad mengatakan panen sayuran Hydroponik ini sebagai upaya memperkuat  serta meningkatkan Ketahanan Pangan dalam menghadapi pandemik Covid-19 yang melanda masyarakat kita saat ini, dimana lahan sempit bukan menjadi kendala tetapi memacu kita untuk berfikir keras bagaimana caranya memanfaatkan lahan yang kecil menjadi potensi untuk menanam sayuran dengan metode hydroponik, itulah yang di lakukan oleh Kelompol Wanita Tani ( KWT ) Palem 5.

Menurutnya, memanfaatkan lahan pekarangan rumah ini di mulai dari Tahun 2019, yang berlokasi  di Perumahan Duta Asri Palem 5 RT 01/03 melalui Kelompol Wanita Tani Desa Sarakan Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang, untuk menambah ilmu pengetahuan dalam hal menanam sayuran maka petugas penyuluh di datangkan dari BPT Sepatan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang.

“Saya merasa bersyukur kepada Allah SWT karena di tengah kondisi ekonomi masyarakat yang sedang terpuruk seperti sekarang ini, di mana kita masih di berikan kesehatan serta kesempatan oleh Allah sehingga kita bisa melaksanakan panen sayuran Hydroponik di wilayah Kecamatan Sepatan.” ujar Dadang Sudrajat yang juga mantan ajudan Bupati Agus Djunara.

Ia juga mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada segenap Kelompok Wanita Tani ( KWT )yang sudah kedua kalinya ikut Hadir dalam menyaksikan panen sayur Hydroponik yang sebelumnya  di lakukan pada bulan maret  Tahun 2019.

“Saya berharap agar dapat memacu semangat serta lahir ide kreatif untuk dapat di contoh dan di tiru khususnya warga Kecamatan Sepatan dan umumnya warga Kabupaten Tangerang.” ungkap Dadang.

Sementara Kepala Desa Sarakan Kecamatan, Halimi mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh warga Palem 5 yang sudah melakukan penanaman sayur dengan menggunakan metode Hydroponik.

“Adapun sayuran  segar yang di panen dari metode Hydroponik pada hari ini berupa sayur bayam, yang kualitasnya tidak kalah dengan di tanam metode selain Hydroponik.” tandas Halimi. (war)

-::-Ter Viral-::-