Items filtered by date: Wednesday, 05 May 2021

Tangerang, lensafokus.id -- Pada H-7 Lebaran, Rabu 5 Mei 2021, Posko THR Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang menerima puluhan pengaduan seputar pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) perusahaan ke pekerjanya.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang Beni Rachmat mengatakan sejak dibuka 27 April hingga 5 Mei tercatat 50 lebih laporan dari 21 perusahaan.

"Isi aduan bermacam macam, dan kami menjamin kerahasian pelapor," ujar Beni Rachmat, Rabu (5/05/2021).

Untuk menindaklanjuti aduan tersebut, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang telah menurunkan tim ke lapangan untuk melakukan pengecekan dan klarifikasi ke perusahaan-perusahaan yang dilaporkan tersebut.

"Selanjutnya dari hasil pengecekan kami akan fasilitasi untuk penyelesaian masalah tersebut," ucapnya.

Namun, jika ditemukan ketidakpatuhan pengusaha atas Surat Edaran Bupati Tangerang Nomor 841.4/1583-Disnaker/2020 Tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan THR 2021 bagi Pekerja/buruh di Kabupaten Tangerang, Beni menegaskan pihaknya akan melaporkan perusahaan tersebut ke Bupati Tangerang.

"Selanjutnya laporan diteruskan ke Bidang Pengawas Dinas Tenaga Kerja Provinsi Banten," kata Beni.

Puluhan buruh dari berbagai perusahaan melaporkan pengabaian hak mereka terkait THR. Mereka mengadu ada yang datang langsung ke posko, melalui email dan nara hubung petugas.

Berikut isi aduan para pekerja seputar masalah THR ;

"Saya sudah 8 tahun bekerja tidak pernah mendapatkan THR, paling kami cuma terima bingkisan Lebaran senilai Rp 50 ribu," ujar pekerja yang identitasnya dirahasiakan.

Menurut dia, ada 160 karyawan kontrak yang bekerja di pabrik yang berada di Pasar Kemis tersebut yang masa kerjanya 3 tahun, 7 tahun hingga 10 tahun.

Aduan juga datang dari karyawan alih daya anak usaha sebuah maskapai penerbangan.  "Untuk THR tahun 2020 saja belum di lunasin," ujar pekerja yang sudah 5 tahun lebih bekerja di perusahaan itu.

Dia menuturkan, pada awal pandemi covid-19 2020 lalu,  karyawan tandatangan cuma 3 bulan di potong gajinya.

"Tapi sampai sekarang masih dipotong gaji dan untuk THR janjinya akhir Desember lalu dibayar sisanya. Tapi sampai sekarang masih belum dibayar," ungkapnya.

Aduan lainnya meliputi perusahaan yang sama sekali tidak memberi THR dengan alasan yang tidak jelas, perusahaan mencicil membayar THR

Posko pengaduan THR Lebaran Kabupaten Tangerang masih akan dibuka hingga 20 Mei mendatang.

Selain melalui tatap muka (Posko), pengaduan THR di Kabupaten Tangerang bisa disampaikan melalui email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., media sosial Disnaker Kabupaten Tangerang, instagram (dnaker_tangkab) Twitter (@disnakertangkab), narahubung Hudni (081906140090), Hendra (081388336533), Rahmat (087874077250).

(R ed)

Published in Banten

Tangerang, lensafokus.id -- Personel Unit Reskrim Polsek Panongan Polresta Tangerang Polda Banten meringkus seorang pria berinisial D alias Jefri (31), Senin (3/5/2021). Pria asal Bogor ini dibekuk lantaran mencuri sepeda motor pengunjung minimarket di Desa Ranca Kelapa, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang.

Published in Banten

TANGERANG, lensafokus.id -- Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar melarang Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang lakukan kegiatan bepergian ke luar daerah atau mudik menjelang dan usai Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Published in Banten

Tangerang, lensafokus.id -- Pemerintahan Kabupaten Tangerang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) mengimbau agar masyarakat Kabupaten Tangerang tidak mudik lebaran, sebelum dan sesudah tanggal 6 hingga 17 Mei 2021, guna mengurangi resiko penyebaran penularan COVID-19.

Published in Banten

Tangerang, lensafokus.id -- Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar memanggil panitia acara dan pihak pengelola Maxx Box Lippo Kelapa Dua untuk diberikan teguran dan dimintai keterangan terkait adanya acara yang menimbulkan keramaian pada Sabtu-minggu pekan lalu.

Published in Banten

Tangerang, lensafokus.id -- Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar memimpin Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Ketupat Maung Tahun 2021, yang digelar di Lapangan Maulana Yudhanegara Puspkab. Tangerang, Rabu (5/5/2021).

Published in Banten
Go to top