BAZNAS Kabupaten Tangerang Distribusikan Zakat Tahap Kedua

TANGERANG, lensafokus.id -- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tangerang mulai distribusikan Zakat, Infaq dan Sodaqah (ZIS) tahun 2021 tahap kedua melalui 5 program unggulan BAZNAS Kabupaten Tangerang, Kamis (6/5/2021).

5 program unggulan tersebut yaitu Baznas Taqwa, Baznas Cerdas, Baznas Sehat, Baznas Mandiri dan juga Baznas Peduli. Pendistribusian dilakukan di Islamic Center Citra Raya Kabupaten Tangerang.

Bersama dengan Unit Pengumpul Zakat (UPZ), Pendistribusian Zakat, Infaq dan Sodaqah (ZIS) tahap kedua tersebut disalurkan kepada 8 asnaf yang terdapat pada bidang keagamaan, seperti mushola, majelis taklim, pondok pesantren, bantuan pendidikan dan juga bantuan ekonomi mandiri.

“Kami mengantisipasi pengajuan masyarakat yang belum tercover di tingkat Kecamatan. Ada 48 lembaga keagamaan, 8 bantuan pendidikan serta pemberian BAZNAS peduli tanggap bencana untuk 2 ponpes yang mengalami kebakaran di bulan Ramadhan ini,” ujar Wakil ketua 1 Pengumpulan ZIS Abdul Haris S Mansyur.

Diketahui pondok pesantren Al-Hidayah yang berada di Kecamatan Solear terbakar pada Sabtu (1/5/21) lalu.

Pendistribusian zakat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, sekitar 100 penerima datang secara langsung dan kami undang serta diberikan dengan aturan yang berlaku.

Sebelumnya pada tahap pertama, BAZNAS berhasil menyalurkan dana sebesar Rp 2,7 miliar pada 29 kecamatan di Kabupaten Tangerang.

“Harapannya semoga pengumpulan zakat tahun ini dapat meningkat dan masyarakat memberikan keyakinan pada pengumpul zakat atau muzaki dari BAZNAS ini dalam pendistribusian zakat karena proses ini bersih dan sampai kepada seluruh mustahik,”

Sementara itu, Anwar Ardadili yang merupakan Komisioner BAZNAS Kabupaten Tangerang juga mengatakan, BAZNAS Kab. Tangerang di setiap tahun selalu menargetkan zakat fitrah sebesar 25,5 % atau sebesar Rp 10.258.107.12.

5 program unggulan Baznas pada kegiatan Ramadhan tahap II 2021 M/1442 H :

1. Program Baznas Kabupaten Sejahtera, yakni bantuan langsung tunai untuk mualaf untuk 100 orang.

2. Program Baznas Tangerang Cerdas, yakni bantuan beasiswa Srata 1 (S1) untuk 5 orang dan MA/SLTA 3 orang.

3. Program Baznas peduli kegiatan untuk pondok pesantren, peduli tanggap bencana untuk 2 pondok pesantren.

4. Program Baznas Tangerang Taqwa yakni, bantuan peningkatan sarana keagamaan masjid sebanyak 48 lembaga unit, Baznas Tangerang Profesional 29 kelompok.

5. Program Baznas Kesehatan yakni adanya pengobatan gratis.

"Kegiatan ini telah dilaksanakan secara dua tahap di bulan Ramadhan. Di tahap pertama kami distribusikan sebesar Rp 2.749.000 000, di tahap kedua sebesar Rp 470.400.000," tutupnya.
(IKP/Red)

Rate this item
(0 votes)
Go to top