Menyambut Tahun Baru 2020, Warga Banten Selatan Istigoshah di Alun-alun Malingping

Ribuan masyarakat Malingping, Banten Selatan, melakukan dzikir di malam menyambut Tahun baru 2020 (foto : Dimas) Ribuan masyarakat Malingping, Banten Selatan, melakukan dzikir di malam menyambut Tahun baru 2020 (foto : Dimas)

Malingping, Lensa Fokus, Menyambut tahun baru 2020, warga Kecamatan Malingping,  menggelar istigosah.  Para pemuka agama, tokoh masyarakat dan santri dari berbagai pondok pesantren berkumpul di alun-alun Malingping, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak,  Selasa  malam (31/12).

Camat Malingping, Drs. Cece Syahroni, bersama Dan Ramil  Malingping, Kapten Inf. Supriatna dan Kapolsek Malingping, Kompol, H. Budi Warsa, hadir bersama  ribuan jamaah. Para jamaah nampak khusyu,  melantunkan kalimat takbir dan tahmid,  serta kalimat Hasbunallah Wani’mal wakil, ni’mal maula wani’mannasyir,  yang dipimpin KH. Naim, dari Lebak Jaha.  Istigoshah yang dimulai sejak pukul 20.00 WIB berakhir pada pukul 23.00 WB. Sementara yang memimpin doa,  KH. Arhadi, pemimpin Ponpes di Desa Gemrong.

Menyambut malam  tahun baru  di wilayah Malingping, Banten Selatan, kali ini, berbeda dengan tahun sebelumnya.   Tahun lalu, ramai dengan suara mercon, pesta kembang api dan pawai kendaraan bermotor.  Namun, di tahun ini, ribuan  masyarakat Banten Selatan, duduk bersimpuh di lantai, di halaman Masjid Baiturrahim, di alun-alun Malingping, berdzikir seraya memohon ampunan dan rahmat  dari  Allah SWT untuk diberikan kemudahan  dan kesuksesan  dalam berbagai perjalanan kehidupan di tahun 2020.

Camat Malingping, Cece Syahroni,  usai Istigoshah  mengatakan,  sesuai dengan surat edaran Bupati Lebak, Hj, Iti Oktavia Jayabaya, SE, di malam pergantian tahun ini tidak melakukan hura-hura, tidak melakukan pawai kendaraan bermotor dan tidak menyalakan petasan atau pesta kembang api. Malam pergantian tahun baru, di isi dengan  kegiatan keagamaan dan  kegiatan lain yang lebih bermanfaat.

”Alhamdulillah, para tokoh agama, pemuka masyarakat dan warga serta para santri berkumpul di alun- alun Malingping,  melakukan istigoshah.   Semoga dengan kegiatan ini, pada tahun 2020 wilayah Malingping, Kabupaten Lebak, menjadi lebih maju, mandiri dan masyarakatnya sejahtera.”, kata Cece Syahroni.

Foto istigosah

 Menurut Camat Cece, sekalipun tidak ada panggung hiburan dan keramaian terutama di sekitar kawasan wisata pantai, seluruh perangkat daerah (ASN) di wilayah Malingping, bersama  TNI/POLRI dan Pol PP tetap melaksanakan pengamanan  malam pergantian tahun baru. —( dimas/em)

Rate this item
(0 votes)
Go to top