Lensa Fokus | Media online dan Cetak Banten dan Nasional Hari ini

Tangerang

Camat Solear Tinjau Pasar Adiayasa

SOLEAR, lensafokus.id – Sehubungan adanya keluhan dari masyarakat dan pengunjung Puskesmas Cikuya terkait pengelolaan sampah yang semerawut, Camat Solear, H. Sony Karsan didampingi Kades Cikuya, Ade Safei KTU, Puskesmas, Sudin Wahyudin dan Kasie Ekbang Sutisna, langsung turun ke lokasi melihat secara langsung pengeloalaan sampah Pasar Adiayasa, Rabu (4/2/2020) sekitar pukul 15.30 WIB.


Camat dan rombongan melintasi lorong menuju bagian belakang, ternyata disitu melihat dua tumpukan sampah yang berasal dari potongan ayam dan dua tumpukan lagi sampah dari sayur-sayuran di belakang terminal.
Camat menanyakan siapa pengelola Pasar Taman Adiayasa, kalau memang pihak Adiayasa segera diangkut ke TPA, jangan dibiarkan sampah basah menumpuk berhari-hari disini karena akan menimbulkan bau tidak sedap dan mengganggu kesehatan masyatakat.
Camat menyampaikan kepada awak media bahwa
“Letak pasar dan puskesmas sangat berdekatan sekali, hanya dipisahkan tembok saja, akan tetapi pasar dan puskesmas sama-sama dibutuhkan oleh masyarakat,” ujar H. Soni Karsan.
Setelah melihat langsung dilapangan, ada beberapa tumpukan sampah yang belum di angkut sehingga menimbulkan bau busuk dan sangat mengganggu kesehatan warga sekitar, dalam waktu dekat ini pihaknya akan memanggil pengelola pasar untuk berkoordinasi dalam rangka mencari solusinya, sebab jangan sampai terjadi ada oknum-oknum yang memanfaatkan situasi ini.
Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan Kabupaten Tangerang guna mencarikan pemecahannya agar persoalan sampah di Pasar Adiayasa bisa tertata rapih dan bersih, nyaman dan tidak ada aroma yang menyengat hidung, mengingat Pasar Adiayasa dan Puskesmas jaraknya hanya dibatasi tembok, bahkan dagangannya ada digantung di tembok Puskesmas Cikuya.
Sementara, Kepala Desa Cikuya, Ade Safei sangat mendukung langkah yang diambil Camat Solear untuk merapihkan sampah yang telah menumpuk disekitar lokasi pasar, alasannya kalau dibiarkan terus-menerus sampah tersebut akan menggunung.
“Saya berharap, ke depan Pasar Adiayasa menjadi pasar yang bersih, nyaman dan diminati oleh masyarakat,” terangnya.
Ditempat terpisah, Kepala UPT Puskesmas Cikuya, drg Dono Soeteomo mengatakan sudah sering menerima keluhan dari pengunjung Puskemas lantaran tercium bau sampah pasar, terkait masalah tersebut pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepala Desa Cikuya Ade Safei dan Alhamdulillah mendapat respon baik.
“Akibat bau sampah yang menyengat hidung, dapat menimbulkan penyakit seperti batuk, pilek serta sesak nafas atau lebih kenal dengan ispa, polusi udara juga sangat berbahaya untuk kesehatan manusia, oleh sebab itu kepada pihak terkait untuk segera memecahkan persoalan sampah di sekitar Pasar Adiayasa,” harapnya. (war)

-::-Ter Viral-::-


To Top
WhatsApp chat