Lensa Fokus | Media online dan Cetak Banten dan Nasional Hari ini

Banten

Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita; Pemimpin Harus Punya Inovasi

Pandeglang, Lensa Fokus;–Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita, mengatakan, seorang pemimpin harus memiliki inovasi yang segar,  agar  partisipasi dan semangat masyarakat  untuk  melaksanakan berbagai kebijakan  yang diterapkan  mendapat dukungan publik  dan dapat berjalan  dengan baik.

Bupati Pandeglang, Hj.  Irna  Narulita,  menyampaikan hal tersebut dalam pengarahannya pada  kegiatan Pelatihan Kapasitas Kepala Desa Terpilih, di Hotel Rizki, Kamis (23/1/2020).  Acara ini di ikuti  17  Kepala Desa  dari  15  kecamatan yang baru terpilih pada Pilkades beberapa waktu lalu.

Menurut Hj.Irna Narulita,  inovasi adalah  sebuah  pengenalan hal baru,  pembaharuan atau penemuan  baru yang berbeda dari yang sudah ada di kenal sebelumnya. Namun, sebelum menentukan kebijakan, seorang pemimpin (kepala desa) harus  menguasai wilayah dan melihat potensi yang ada lalu dikembangkan, sehingga potensi ini bisa menjadi kekuatan untuk pengembangan ekonomi masyarakat.

“Sekarang bapak dan ibu menjabat Kepala Desa, melalui  tahapan  Pilkades dan  menggantikan pejabat sebelumnya. Program pembangunan yang belum dikerjakan  atau diselesaikan oleh Kades sebelumnya, harus dapat diselesaikan oleh pemimpin yang baru,” tegas Hj. Irna Narulita.

Dikatakan Bupati Irna,   Anggaran Dana Desa  (ADD) cukup besar.  Untuk itu Kepala Desa harus bisa membuat program  kerja untuk kemajuan wilayahnya dan dilaksanakan secara   transparan dan akuntabel, sehingga  masyarakat akan turut serta dalam pelaksanaan pembangunan.

“Dana Desa harus digunakan untuk pembangunan di desa dan kesejahteraan masyarakarakat desa. Jangan coba- coba bermain dengan  dana desa  yang bukan peruntukannya, sebab akan berhadapan dengan aspek hukum”,tegasnya.

Ke depan, kata Irna, diharapkan adanya pilot project di beberapa desa yang membuat pelayanan berbasis online, sehingga masyarakat dapat  terlayani dengan mudah dan cepat.  “Sekarang era digital,  semua serba online  dan pelayanan yang diberikan harus lebih cepat dan murah”, jelas Irna Narulita.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD)  Kabupaten Pandeglang,   Doni Hermawan, mengatakan,  seiring dengan keterbukaan iptek dan mudahnya mengkases berbagai informasi dari media massa dan medos,  diperlukan  transparansi dalam mengelola pemerintahan dan dana desa.

Oleh sebab itulah, melalui Pelatihan Kapasitas Kepala Desa Terpilih  ini diberikan pembekalan kepada para kepala desa, sehingga para pejabat kepala desa dapat memahami  bagaimana mengelola administrasi pemerintahan, adminitrasi pembangunan dan administrasi kemasyarakataan, termasuk mengelola keuangan anggaran dana desa.—(ab/em)

-::-Ter Viral-::-