Langkah Memasarkan Produk Lokal Lewat Alfamart

Langkah Memasarkan Produk Lokal Lewat Alfamart Foto: Mad Sutisna/Lensa Fokus

TANGERANG - Alfamart ingin lebih memberikan kontribusinya pada masyarakat, bukan hanya untuk menyediakan kebutuhan masyarakat sehari-hari, tapi juga memajukan industri kecil menengah. 

Salah satu yang dilakukannya yakni mengadakan kegiatan pelatihan bagi 150 pengusaha kecil menengah (IKM) di Aula Kecamatan Batu Ceper Kota Tangerang, Rabu (20/3/2019). Acara tersebut dihadiri juga oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangerang. 

Acara yang diselenggarakan itu bertujuan memberikan pengetahuan bagaimana membuat produk yang memenuhi standar edar, unik dan menarik minat pembeli.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Sayuti mengapresiasi kegiatan tersebut karena bisa mendukung pengusaha lokal untuk bisa makin maju. 

"Kami menyambut baik inisiatif Alfamart untuk turut mengembangkan potensi pengusaha daerah, khususnya di Kota Tangerang," ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa potensi produk lokal belum tergali dengan maksimal dan masih dianggap sebelah mata. 

"Saya yakin, potensi produk-produk binaan kita ini bisa lebih diterima masyarakat umum sehingga nilai perekonomiannya seharusnya bisa lebih menghasilkan lagi," tambah Sayuti.

Sayuti mengakui apabila ada sektor privat yang ikut mendukung, tentu para pengusaha kecil menengah ini pun akan sangat terbantu. Hal inilah yang juga menjadi inisiatif Alfamart.

Corporate Communication GM Alfamart m, Nur Rachman mengungkapkan bahwa peritel seperti Alfamart sebenarnya terbuka bagi produk-produk lokal untuk bisa dipasarkan lewat jaringan toko-tokonya. 

"Tentu ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi seperti izin PIRT, sertifikat halal, dan sebagainya, ini yang kami  edukasi kepada peserta," lanjutnya.

Dengan tips-tips produksi yang diberikan oleh Alfamart membuka pengetahuan bagi peserta. 

"Materi ini kami desain khusus memang bagi pengusaha kecil bagaimana mereka bisa memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah dan industri ritel dalam memanfaatkan jalur pemasaran agar usaha mereka berkembang," tambahnya.  

Seluruh peserta pelatihan yang merupakan  binaan dinas koperasi & usaha mikro Kota Tangerang tersebut terlihat antusias dalam paparan yang diberikan, karena merupakan langkah awal  untuk bisa memasarkan produk buatannya di beberapa toko Alfamart di wilayah Kota Tangerang.

Alfamart dan Pemerintah Kota Tangerang sepakat hasil dari kegiatan ini nantinya bisa menciptakan sinergi dan integrasi kepada pengusaha-pengusaha kecil untuk bisa berkembang proses produksi dan jalur pemasaran.

Rate this item
(0 votes)
Go to top