Lensa Fokus | Media online dan Cetak Banten dan Nasional Hari ini

Tangerang

Badan Nasional Penanggulangan Bencana; Kunjungi  Pembangunan “Bank Air” di Perumahan Batara Village Tangerang

TANGERANG, Lensa Fokus.id:– Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik pada Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi   Badan Nasional Penanggulangan  Bencana  (BNPB), DR. Ir. Taufik Kartiko, M.si, meninjau lokasi dan menyaksikan langsung cara kerja Bank Air yang diterapkan di  Perumahan Batara Village,  Desa Cikasungka, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang,  Kamis (23/04).

Sehari, sebelumnya,  Rabu (22/4),  Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik pada Bidang ehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, DR.Ir. Taufik Kartiko, M.si, bersama jajaran di BNPB  mengadakan teleconference  dengan Sudirman Indra (Acin) dan rekan  sebagai penggagas dan pemilik hak paten konsep pembangunan Bank Air.

Nampaknya, kendati di tengah pandemi corona (covid-19), untuk menjawab rasa penasaran,  mengantarkan Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik BNPB, DR. Ir. Taufik Kartiko, M.si, yang didampingi Kasubdit Inventarisasi dan Analisis Kebutuhan,   Syavera, mendatangi  langsung  ke lokasi  untuk melihat secara detail proses pengoperasian dan manfaat dari Bank Air yang  hanya  ada di Kabupaten Tangerang, Banten.

Setelah mendapat penjelasan, DR. Taufik  Kartiko,  mengapresiasi  pembangunan Bank Air  yang di gagas  Sudirman Indra,   yang sudah diterapkan dan dimanfaatkan  masyarakat di Perumahan Batara Vilage, Kabupaten Tangerang.

Menurut  Dr, Taufik,  pembangunan  Bank Air   ini bisa diterapkan di wilayah  lain  yang sering mengalami kekeringan, akan tetapi manfaatnya tidak bisa langsung dirasakan, karena pada dasarnya sifat bank air juga menyimpan air ditanah melalui biopori.

“Kami akan segera melakukan pengkajian, seberapa besar Bank Air ini bisa menyimpan air di dalam tanah. Jika sudah terhitung secara realible,  akan dijadikan bahan pertimbangan pembangunan dan penerapan di wilayah lain terutama di Indonesia  bagian Timur  yang sering mengalami kekeringan”, kata  Taufik Kartiko.

Sudirman  Indra, merasa bersyukur bahwa gagasannya tentang konsep pembangunan Bank Air,  mendapat respon dari pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Apresiasi,  juga ditunjukan oleh PAM DKI Jaya, Jakarta, beberapa  waktu lalu saat  Sudirman  Indra,  menyampaikan ide dan gagasan tersebut di Jakarta.

Menurut Sudirman  Indra,  pembuatan Bank Air  terinspirasi dari  sifat kearifan lokal. Ide dan gagasan ini kemudian disampaikan dan mendapat saran dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk dapat dibangun dan dikembangkan. Bank air adalah model penampungan air dengan memanfaatkan air hujan yang berlimpah untuk konservasi sumber daya air.

Konsep Bank air di yakini dapat melindungi kawasan dari genangan air pada saat curah hujan tinggi, dan memperkaya akan cadangan air, serta meningkatkan kualitas air, memperbaiki struktur tanah dan mengatasi pencemaran air di sekitarnya.

Ide dan gagasannya itu, pada tahun 2017  diwujudkan dengan membangun Bank Air  di Perumahan Batara Village, Desa Cikasungka, Kecamatan Solear,  dan diresmikan pada bulan Mei 2017 oleh Bupati  Tangerang, A. Zaki Iskandar.—( dimas/em)

-::-Ter Viral-::-


To Top
WhatsApp chat