Print this page

Terima Anggota Baru, Satuan Yonif 407/Padmakusuma Gelar Acara Tradisi

Tegal, lensafokus.id -- Satuan Yonif 407/Padmakusuma menggelar acara tradisi penerimaan anggota baru. Kegiatan tersebut diselenggarakan di depan Mako Yonif 407/Padmakusuma dan dipimpin langsung oleh Kakorum Yonif 407/Padmakusuma Kapten Inf Hendra Sastra Nugraha, S.I.P., Rabu (27-01-2021).

Anggota baru tersebut adalah 16 prajurit yang terdiri dari 3 Perwira dan 13 Bintara. Sebelum kegiatan tradisi dilaksanakan, keenam belas anggota baru yang melaksanakan Long Mars dan orientasi di sekitar Asmil Yonif 407/PK dan berakhir dititik finish depan Mako Yonif 407/PK. Kegiatan dilanjutkan penghormatan berjajar dan penyambutan oleh para prajurit.

Acara tradisi diawali dengan pernyataan penerimaan anggota baru oleh Kakorum Yonif 407/PK, dilanjutkan dengan penyiraman air kembang dan pemberian air kelapa muda kepada anggota baru Yonif 407/PK. Rangkaian kegiatan tradisi diakhiri dengan pembacaan Ikrar Prajurit Padmakusuma dan doa sebagai penutup.

Dalam amanat Danyonif 407/PK yang dibacakan oleh Kakorum Yonif 407/PK Kapten Inf Hendra Sastra Nugraha, S.I.P., disampaikan ucapan selamat datang kepada prajurit yang baru bergabung.

“Tradisi kaporan korp masuk satuan adalah merupakan suatu bentuk acara yang sudah diatur didalam tata upacara militer di lingkungan TNI-AD, selanjutnya juga sudah diatur didalam prosedur tetap satuan Yonif 407/Padmakusuma,” jelasnya.

IMG 20210127 WA0017 compress58

Lebih lanjut disampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya tradisi satuan ini adalah untuk menanamkan kecintaan dan kebanggaan prajurit terhadap satuannya khususnya terhadap satuan Yonif 407/Padmakusuma. Dan selain daripada itu adalah untuk memberikan gambaran serta orientasi terhadap lingkungan kerja yang tentunya nanti akan dapat berguna didalam mendukung kelancaran tugas dan pekerjaan yang dihadapi.

Kepada personel baru perlu diketahui bahwa tradisi yang telah dilaksanakan adalah merupakan suatu tahap awal dari tantangan serta tuntutan tugas yang akan dihadapi di satuan Yonif 407/Padmakusuma. Dan untuk ke depan tentunya tugas dan tantangan tersebut akan semakin besar dan berat.

Hal ini merupakan Feed Back atau umpan balik dari kesejahteraan yang telah diperoleh dari TNI-AD. Oleh karena itu, persiapkan mental dan fisiknya mulai dari sekarang. Segeralah menyesuaikan diri, kenali dan pahami tugas dan tanggungjawab masing-masing sesuai jabatan yang nantinya akan diemban.

“Hindari pelanggaran sekecil apapun selama berdinas di satuan Yonif 407/Padmakusuma. Tanamkan dalam diri anda masing-masing semboyang untuk Berfikir sebelum berbuat dan berbuat setelah berfikir. Sehingga apapun tindakan dan langkah yang diambil senantiasa dilakukan setelah berfikir dan apabila menghadapi suatu masalah yang sekiranya tidak mampu dihadapai maka segeralah laporkan sesuai dengan jalur hirarki yang ada,” tegasnya.

Kepada seluruh anggota baru, Kapten Hendra berpesan agar menanamkan jiwa Padmakusuma mulai dari sekarang. Segera kenali tugas dan tanggung jawab perorangan serta hormati senbior-senior anda yang telah lebih dahulu masuk di satuan Yonif 407/Padmakusuma ini.

Selanjutnya, kepada para senior yang telah lebih dahulu masuk di satuan ini diharapakan membantu dan membimbing junior-juniornya yang baru masuk. “Beritahukan aturan-aturan dan ilmu-ilmu yang belum mereka ketahui, berikanlah contoh yang benar sesuai aturan yang berlaku serta memperlakukan mereka sebagai rekan kerja yang nantinya akan melaksanakan tugas bersama-sama dengan kita. Karena bagaimanapun juga mereka adalah rekan sekaligus saudara kita yang wajib dibina dan diarahkan,” pungkasnya. (Dicky Abias/Pen Yonif 407)

Rate this item
(0 votes)