Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK Amankan Tiga Orang Pelintas Non Prosedural

Tegal,lensafokus.id -- Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/Padmakusuma, Pos Mentari amankan tiga orang pekerja migran Indonesia (PMI) non prosedural yang berusaha masuk kembali ke Indonesia dari Malaysia melalui jalur tidak resmi atau jalur non prosedural.

Ketiga PMI Non Prosedural tersebut berhasil diamankan di sektor Pos Mentari Desa Sebindang, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Huku, Kalimantan Barat. Selasa (12/01/2021).

“Para PMI non prosedural diamankan saat personel Satgas Pamtas RI-Malaysia, Yonif 407/PK Pos Mentari laksanakan patroli di jalur inspeksi patroli perbatasan (JIPP),” kata Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK, Letkol Inf Catur Irawan dalam keterangannya, Selasa (12/01/21).

Menurut dia, jalur tikus memang sering dilalui oleh para pelintas batas tanpa melalui prosedur keimigrasian yang benar, sehingga perlu dilakukan pengecekan dan patroli rutin di jalur tersebut guna mencegah segala bentuk kegiatan ilegal.

“Satgas Yonif 407/PK memiliki tugas dan tanggung jawab menjaga dan mengamankan wilayah perbatasan,” tutur Dansatgas.

IMG 20210115 WA0054 compress25

Untuk itu, kata Dansatgas, "sebagai garda terdepan di sepanjang perbatasan RI-Malaysia disektor timur, kami akan terus memperketat penjagaan di jalur-jalur tidak resmi".

“Kami laksanakan patroli secara rutin, guna mencegah lalu lintas orang maupun barang secara ilegal,” kata Dansatgas.

Ia menyatakan, setiap PMI dari Malaysia yang masuk ke Indonesia harus melalui serangkaian pemeriksaan, seperti pemeriksaan dokumen dan kesehatan.

“Pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk memastikan setiap PMI tidak terpapar virus Covid-19,” terang Catur.

Lanjut Catur, PMI non prosedural kemudian kami serahkan pada pihak Imigrasi Nanga Badau dan Karantina Kesehatan.

Hal itu untuk ditindaklanjuti pemeriksaan secara lengkap, baik dokumen maupun kesehatannya,” tutupnya.  (Red/Pen Yonif 407)

Rate this item
(0 votes)
Go to top