Harga Kebutuhan Bahan Pokok Mulai Mengalami Kenaikan

Cilegon, lensafokus.id -- Beberapa harga kebutuhan pokok di Kota Cilegon mengalami kenaikan dan penurunan. Seperti yang terjadi di Pasar Kranggot, Pasar Blok. F, Pasar Merak yang berada di wilayah Kota Cilegon. Bedasarkan pantauan media lensa fokus, selasa (12/1/2021).

Diantaranya yang mengalami kenaikan cabai rawit merah naik Rp.10 ribu dari semula hanya Rp. 80 ribu menjadi Rp.- 90 ribu per kilogram begitu pun harga ikan kembung naik dari Rp. 30 ribu menjadi Rp. 35 ribu perkilo gram dan jenis sayuran Kol naik dari Rp. 14 ribu menjadi Rp. 15 ribu per kilo gram.

Sedangkan ada beberapa bahan pokok yang mengalami penurunan diantaranya cabai merah kriting dari Rp. 55 ribu menjadi Rp. 50 ribu perkilo gram, cabai hijau TW dari Rp. 35 ribu menjadi Rp. 30 ribu perkilo gram, telur ayam ras dari Rp. 26 ribu menjadi Rp. 25 ribu perkilo gram, gula pasir dari Rp. 14 ribu menjadi 12,5 ribu perkilo gram dan dan ikan bandeng dari Rp. 28 ribu menjadi Rp. 25 ribu perkilo gram.

Sekertaris Disperindag Bayu Panatagama, S.Pd, M.Si membenarkan hal tersebut terjadi kenaikan yang disebabkan beberapa hal seperti cabai rawit merah yang naik itu dikarenakan petani cabai rawit merah tidak dapat di panen disebabkan faktor cuaca yang hujan tidak merata dikarenakan iklim pacaroba.

Selain itu, Kepala Pasar Kranggot Aceng Sulaeman, S.Ag., mengatakan kemungkinan ini akan memasuki hari raya Warga Tionghoa atau yang disebut Gong Ci Pacay diyakini jadi salah satu penyebab sejumlah harga kebutuhan pokok tersebut mengalami kenaikan. (Udan)

Rate this item
(0 votes)
Go to top