Pantai Kelapa Warna, Destinasi Wisata Baru di Banten Selatan

Kawasan wisata Kelapa Warna di desa Panyaungan, Banten Selatan (foto : Dimas) Kawasan wisata Kelapa Warna di desa Panyaungan, Banten Selatan (foto : Dimas)

Kawasan wisata bahari di wilayah Kabupaten Lebak, Banten, menyambut tahun baru 2020, kurang pengunjung dan nyaris tidak ada panggung  hiburan. Namun begitu,  daerah wisata di wilayah Banten Selatan ini, seperti;  Pantai Sawarna, Pantai Pulau Manuk, Pantai Pasput  (Pasir Putih), Pantai Bagedur, dan  Pantai Kelapa Warna di Desa Panyaungan, Kecamatan Cihara, nampak cukup ramai  dengan wisatawan domestik.

Wartawan Lensa Fokus, Ikhwan Dimas Permana,  yang melakukan pemantauan di sejumlah titik destinasi wisata di wilayah Kabupaten Lebak, Selasa (31/12) dari sejak siang hingga menjelang detik pergantian tahun malam hari ini,  menyaksikan wisatawan domestik berdatangan dari sekitar daerah Banten dan jakarta. 

Di Pantai wisata Kelapa Warna, Kecamatan Cihara, misalnya, terdapat panggung hiburan dengan menampilkan parade band  ”End Of Years Festival” yang diikuti grup band dari kota Rangkasbitung, Sukabumi, Pandeglang dan Tangerang.  Acara hiburan ini pun  berlangsung  sejak siang dan berakhir sekitar  pukul 22.00 WIB. 

Koharudin selaku ketua pelaksana, berharap acara ini sebagai ajang silaturahim para musisi di Banten Selatan. Kolaborasi hiburan dibalut dengan suasana pantai yang indah akan memberikan nuansa tersendiri. 

”Lumayan juga ada hiburan, sambil menikmati suasana senja di pantai.” kata Johan (35) wisatawan asal Sukabumi. Ia sengaja datang bersama keluarga, karena penasaran ingin tahu pantai Kelapa Warna, yang mulai viral di media sosial. Selebihnya para pengunjung, asyik menikmati deburnya ombak pantai Selatan sambil memainkan gadget android dan menunggu hidangan pesta bakar ikan laut. Panyauangan merupakan salah satu Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Kabupaten Lebak, sehingga para wisatawan bisa memilih ikan segar. 

kelapa warna 2

Pengelola Wisata Kelapa Warna, Anggun P, menjelaskan, pihaknya tidak mengadakan hiburan yang begitu meriah. Di samping mengikuti  himbauan dari Pemerintah Kabupaten Lebak, untuk tidak mengadakan kegiatan perayaan yang berlebihan, wisata bahari Kelapa warna, hingga saat ini masih dalam tahap penaataan.

Menurut Anggun, kawasan  wisata  Kelapa Warna, dikelola secara efektif  sejak  tujuh bulan lalu.  Awalnya pantai ini tidak terurus.  Masyarakat sekitar menggunakan sebagai  lahan untuk kandang kambing.  Kemudian, muncul ide kenapa tidak dikelola saja dan dijadikan obyek wisata  sehingga bisa menghasilkan pendapatan dan  bermanfaat bagi masyarakat.

Ide itu pun kemudian disampaikan kepada Kades Panyaungan, Muhamad Rosyad. Bak sebuah pribahasa, gayung bersambut kata berjawab, Kades Rosyad menyetujui dan mendukung pantai ini dikembangkan menjadi destinasi di Desa Panyaungan.  Kandang Kambing dipindahkan, dan dilakukan penataan.

Dengan memanfaatkan potensi alam, seperti pepohonan kelapa yang tumbuh subur, kemudian di cat aneka warna dan masyarakat sekitar bergotong royong membangun  gajebo, warung yang menyediakan aneka makanan, maka jadilah kawasan ini menjadi destinasi wisata dengan nama Kelapa Warna, jelas Anggun yang sehari-hari bekerja sebagai tenaga kesehatan di Puskesmas Binuangeun ini.

KELAPA WARNA 4

Kepala Desa Panyaungan, Rosyad, mengatakan, pihaknya akan terus menata kawasan wisata ini, sehingga menjadi sebuah destinasi wisata yang menyenangkan bagi wisatawan. Hanya persoalannya, masih terbentur terbatasnya  fasilitas dan akses jalan menuju pantai dari jalan raya Malingping-Bayah.

Persoalan lain adalah menangani sampah bekas makanan dari pengunjung. Sekalipun sudah disediakan bak  sampah, namun pengunjung masih saja membuang sampah sembarangan.  Sampah  ini merupakan persoalan tersendiri karena kami belum memiliki TPA. Sampah di angkut ke TPA Sukahujan dengan kendaraan motor bantuan dari Kementrian Lingkungan Hidup, Jakarta.

Menurut Rosyad, kami sangat mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Lebak, terutama Dinas Pariwisata Lebak, untuk bisa urun rembug mengelola potensi wisata ini, sehingga Kelapa Warna bisa turut andil dalam mensukseskan visi Kabupaten Lebak Menjadikan Destinasi Wisata Nasional, kata Rosyad.— (em)

Rate this item
(0 votes)
Go to top