Dinkes Beri Pembinaan Tentang Pentingnya Kesehatan pada Santri Ponpes

TIGARAKSA, lensafokus.id - Pemerintah Kabupaten Tangerang terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan pondok pasantren (Ponpes), salah satunya di bidang kesehatan, oleh karena itu Seksi Penyehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga (PLKKO) Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang melakukan pembinaan.

Pada tahun 2018 telah terbina 46 pondok pasantren dan untuk tahun 2019 sampai bulan November sudah dilakukan pembinaan sebanyak 60 pondok pasantren.

H. Deden Suharya SKM, M.Si, Kepala Seksi PLKKO Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menjelaskan, untuk kegiatan ini diberinama "MPA PHAST Pondok Pasantren" pembinaan kepada para santri dan pengurusnya.

Di setiap pondok pasantren dari Dinas Kesehatan memberikan pelatihan dan pembinaan tata cara Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) diantaranya Cuci tangan Pakai Sabun (CTPS), Personal Hygiene, Sanitasi Lingkungan Ponpes, dan Penularan Penyakit dengan diagram F.

Tujuan dari pembinaan ini untuk memberikan motivasi kepada keluarga besar Ponpes untuk dapat melaksanakan PHBS, baik untuk dirinya sendiri maupun lingkungan.

Dengan harapan kehidupan para santri bisa lebih bersih dan sehat, sehingga dapat terhindar dari penyakit berbasis lingkungan dengan terciptanya sanitasi lingkungan yang bersih dapat mendukung prestasi yang lebih baik buat para santri.

Dalam kegiatan ini Dinas Kesehatan juga memberikan tempat sampah dan paket personil Hygiene sebanyak 1.500 paket. (agie)

Rate this item
(0 votes)
Go to top