Berita Gaya Hidup Lensa Fokus

Diera saat ini, dimana kondisi perekonomian masih belum stabil Setelah pandemi Covid-19, dibutuhkan peran aktif dari berbagai pihak untuk memulihkan perekonomian. Salah satu pihak yang bisa dioptimalkan peranannya adalah dari bidang akademis. Kolaborasi akademisi dengan masyarakat perlu dilakukan untuk membantu mencari solusi dari permasalahan ekonomi yang ada di masyarakat. Pengembangan kreatifitas dan potensi yang ada dalam masyarakat perlu ditingkatkan supaya masyarakat bisa mandiri dan membangun perekonomian secara bertahap.Pengabdian Kegiatan.

Published in Banten

Minggu kedua bulan November, mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Pamulang telah melakukan pengabdian masyarakat berjudul "Sosialisasi Pengolahan dan Pengembangan Digital Marketing Pada Wisata Di Desa Cikuya Untuk Meningkatkan Minat Pengunjung " dengan sasaran pemuda karang taruna sekaligus pengelola wisata Tebing Koja di Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Kegiatan pengabdian beranggotakan dosen pembimbing dari Teknik Industri Universitas Pamulang yaitu Sudiman, S.T., M.T. dan mahasiswa Teknik Industri yaitu Lilis Lestari, Sri Frasya Anggraeni, Dodi Faruq Novanto, Fahri Ali, Hanif Juliandi, dan Bayu Setiawan. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk upaya perluasan media promosi destinasi wisata didaerah-daerah dengan memanfaatkan jaringan internet. Selain media promosi, para peserta diberikan strategi dalam memenangkan market wisata agar mampu bersaing dan menjadi tambahan sumber ekonomi bagi warga sekitar.

Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB dan diawali dengan penyampaian peran pariwisata yang memberikan kontribusi cukup besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Selain itu, pariwisata juga menjadi sektor yang berhasil dalam mengurangi pengangguran lewat dibukanya kesempatan usaha dan kerja.

United Nations World Tourism Organization (UNWTO) pun menjelaskan, bahwa dalam lima tahun terakhir, pertumbuhan sektor pariwisata sebagai salah satu sektor ekonomi terbesar dan tercepat mampu melebihi perdagangan dunia serta mampu menunjukkan ketangguhannya pada pelemahan dan ketidakpastian ekonomi global. Sebelum memasuki materi yang lebih dalam, peserta diajak listing destinasi wisata apa saja yang ada di Desa Cikuya serta memberikan rating seberapa besar minat diri sendiri untuk mengunjungi wisata tersebut, serta mengapa memilih rating tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengajak pengelola menengok kembali apa yang kurang dan pontensi apa yang ada pada beberapa destinasi wisata yang ada di Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten tersebut.

 Screenshot 2023 02 02 16 07 33 25 c37d74246d9c81aa0bb824b57eaf7062

Foto mahasiswa sedang melakukan diskusi dengan peserta PKM

Topik selanjutnya berkaitan dengan bagaimana cara bekerja digital marketing. Dalam sesi ini mahasiswa menyampaikan mengapa harus memilih digital marketing untuk media promosi wisata di era industry 4.0, apa saja media sosial yang bisa digunakan sebagai alat promosi, serta bagaimana cara melakukan promosi agar sesuai dengan target yang telah ditentukan. Tidak hanya itu, didalam sesi ini juga disampaikan target yang paling relevan untuk dijadikan tujuan promosi dalam memasarkan wisata menggunakan digital marketing. Kemudian, dilanjutkan dengan pemutaran video seorang influencer yang sedang melakukan promosi wisata melalui media sosial.

 Screenshot 2023 02 02 16 07 53 46 c37d74246d9c81aa0bb824b57eaf7062

Foto mahasiswa sedang menyampaikan materi

Pada kegiatan pengabdian ini terlihat antusias yang tinggi dari para pemuda karang taruna yang hadir. Hal tersebut dibuktikan dengan keaktifan mereka dalam menjawab pertanyaan dan rasa ingin tahu mereka terhadap materi yang disampaikan. Pada sesi tanya jawab yang dilakukan oleh peserta, pihak akademisi dan pemuda karang taruna saling berdiskusi mengenai permasalahan yang dihadapi oleh pengelola wisata dalam mengelola wisata yang ada di Desa Cikuya. Dan permasalahan yang ada mendapatkan jalan tengah atau solusi dimana harapannya agar pengelolaan wisata di Desa Cikuya khususnya Tebing Koja mendapatkan perhatian khusus dari pemuda karang taruna setempat sehingga mampu menjadi salah satu sumber penggerak ekonomi di Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Pada penutup acara dilakukan dokumentasi bersama pemuda karang taruna beserta staff perangkat desa. Dan penyerahan cinderamata yang diberikan kepada seluruh peserta yang hadir dalam penyuluhan kegiatan PKM Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang sebagai bentuk apresiasi karena telah turut serta dalam program meningkatkan perekonomian desa.

Published in Banten

Tangerang, lensafokus.id -- Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar melantik dan mengambil sumpah jabatan fungsional dan dan pengangkatan CPNS ke PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang. Acara tersebut digelar di GSG Puspem Kab. Tangerang. Kamis, (2/2/2023).

Published in Banten

SERANG, lensafokus.id -- Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Serang, Fajar Nur Cahyono mengikuti kegiatan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM serta Penandatanganan Perjanjian Kinerja bertempat di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten. Rabu (25/01/2023).

Published in Banten
Go to top