Items filtered by date: Tuesday, 24 January 2023

Tangerang, lensafokus.id -- Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menerima penghargaan predikat kepatuhan standar pelayanan publik Tahun 2022 dari Ombudsman Republik Indonesia. Piagam penghargaan diberikan langsung oleh Kapala Perwakilan Ombudsman Banten Fadli Afriadi kepada Bupati di Pendopo Bupati Tangerang, Selasa (24/1/2023).

Published in Banten

Screenshot 2023 01 24 19 54 01 63 c37d74246d9c81aa0bb824b57eaf7062 FjeL1Z3U6j

Jika berbicara tentang bisnis atau usaha parawisata, rasanya tidak akan pernah lekang oleh zaman.Indonesia sebagai Negara dengan kekayaan sumber daya alam yang berlimpah dan sebagai salah satu Negara kepulauan terbesar menjadikannya memiliki banyak tempat-tempat yang indah dan tentu saja sangat menarik banyak minat turis mancanegara.

Hal tersebut jugalah yang menjadikan bisnis parawisata menjamur dan pasti banyak ditemui di setiap kota di Indonesia.Jika anda berminat untuk membuka usaha dibidang parawisata maka tentunya anda harus mengetauhi izin apa sajakah yang harus dimiliki pelaku usaha yang bergerak dalam bidang parawisata.

Usaha parawisata adalah usaha yang menyediakan barang atau jasa bagi pemenuhan kebutuhan wisatawan dan penyelenggara pariwisata.Usaha pariwisata meliputi diantaranya : jasa transportasi wisata,kawasan pariwisata,jasa perjalanan pariwisata,jasa makanan dan minuman,penyediaan akomodasi,penyelenggara hiburan dan rekreasi,jasa parawisata,dll.

Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya diperkuliahan kepada masyarakat luas. Dalam rangka memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Berdasarkan hal tersebut di atas maka pada tanggal 17 s/d 19 November 2022, Mahasiswa dari Prodi Teknik Industri Universitas Pamulang yang dilakukan oleh mahasiswa Baik Amartia Pudzana¸ Cuci Aryana¸ Dicky Kurniawan¸ Fierahda Rahmaningsih dan Muhammad Akbar Firmansyah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan Sosialisasi tentang “Proses legalitas Perizinan Tempat Parawisata” kepada masyarakat Desa Cikuya, Kec. Solear, Kab. Tangerang.

Selain sebagai bentuk kewajiban mahasiswa melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, sosialisasi ini juga dilaksanakan atas permintaan pimpinan desa supaya masyarakat bisa melindungi Perusahaan yang bersaing secara jujur dan terbuka dari kemungkinan akibat praktik perusahaan yang bersaing secara tidak berizin.

Tempat pelaksanaan kegiatan dilakukan di Aula Pemerintahan Desa. Kegiatan ini dihadiri oleh kepala desa Cikuya,perwakilan Staf desa Cikuya dan masyarakat serta pemuda yang tergabung dalam karang taruna desa Cikuya. Dan juga dosen pembimbing prodi Teknik industri Universitas Pamulang yaitu Bapak. Sudiman ,S.T.,M.T.

Screenshot 2023 01 24 16 43 08 26 c37d74246d9c81aa0bb824b57eaf7062 wJ4T3dpu1q

Gambar 02. Foto Penjelasan Legalitas Perizinan Parawisata
Dalam sambutannya Kepala desa Cikuya menyampaikan terimakasih kepada Tim dari Prodi Teknik industri yang sudah mau meluangkan waktu untuk melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat desa Cikuya. Tidak lupa juga beliau menghimbau agar masyarakat serius dan fokus mengikuti kegiatan ini sehingga kedepannya masyarakat mampu memahami dan mengelola proses legalitas yang di sampaikan oleh Mahasiswa.

Beliau juga berharap setelah kegiatan ini, antara Mahasiswa dan masyarakat tetap aktif berkomunikasi untuk pengembangan persyaratan proses Legalitas. Dan juga menyampaikan bahwasanya pihaknya sangat senang serta berharap bisa diadakan lagi pelatihan-pelatihan serupa untuk pengembangan persyaratan proses Legalitas yang bisa diterapkan di desa Cikuya.

Sementara itu Bapak. Sudiman, S.T., M.T. selaku Dosen Pembimbing PKM Teknik industri universitas pamulang dalam sambutannya menyampaikan bahwa perlu dilakukan dan ditingkatkan lagi kolaborasi antara dunia akademis dan masyarakat agar memahami bagaimana suatu kawasan wisata mendapatkan izin Legalitas yang tercatat dalam pemerintahan.

Beliau juga menyampaikan terima kasih karena sudah disambut dengan baik oleh pihak desa Cikuya. Semoga dengan kegiatan ini, masyarakat lebih memahami Proses Legalitas suatu Parawisata.

Screenshot 2023 01 24 18 42 11 98 c37d74246d9c81aa0bb824b57eaf7062

Gambar 03. Foto Pemaran Materi
Selanjutnya dilakukan pemaparan materi oleh anggota tim pengabdian Mahasiswa Materi yang dipaparkan antara lain adalah Peran dan Tugas BUMDES (Badan Usaha Milik Desa), beberapa contoh dan penjelasan mengenai dokumen formulir Legalitas : TDUP,Perizinan Lokasi,UKL dan UPL. Peserta pelatihan terlihat sangat antusias dengan banyaknya peserta yang bertanya terkait dengan proses perizina Legalitas Parawisata. Setelah pemaparan materi selesai selanjutnya dilakukan Tanya jawab yang melibatkan masyarakat dan karang taruna desa Cikuya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 Hari,dimulai dari tanggal 17 November 2022 sampai dengan 19 November 2022, ini  ditutup dengan foto bersama, Penyerahan cinderamata dan pemberian doorprize kepada masyarakat desa Cikuya. Semoga dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa terbantu dan mampu mengelola perizinan Legalitas Parawisata di desa Cikuya.
(**)

Published in Banten

Diera saat ini, dimana kondisi perekonomian masih belum stabil Setelah pandemi Covid-19, dibutuhkan peran aktif dari berbagai pihak untuk memulihkan perekonomian. Salah satu pihak yang bisa dioptimalkan peranannya adalah dari bidang akademis. Kolaborasi akademisi dengan masyarakat perlu dilakukan untuk membantu mencari solusi dari permasalahan ekonomi yang ada di masyarakat. Pengembangan kreatifitas dan potensi yang ada dalam masyarakat perlu ditingkatkan supaya masyarakat bisa mandiri dan membangun perekonomian secara bertahap.Pengabdian Kegiatan.

Masyarakat harus memiliki suatu Inovasi pengelolaan Kawasan wisata untuk dikembangkan sendiri serta memiliki nilai jual minimal dalam lingkungan masyarakat itu sendiri. Dengan begitu maka masyarakat akan mampu mengembangkan ekonomi sendiri dan bertahap akan mampu menjadi masyarakat yang mandiri.

Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya diperkuliahan kepada masyarakat luas. Dalam rangka memenuhi Tri Dharma.

Berdasarkan hal tersebut di atas maka pada tanggal 11 s/d 13 November 2022, Mahasiswa dari Prodi Teknik Industri Universitas Pamulang yang dilakukan oleh mahasiswa Aldy Nuruly, Rangga Prakoso, Renaldi Irwansyah, Restu Herlangga, Rifqi Nur Afief melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan Evaluasi tentang “Pengelolaan Parkir di Kawasan Wisata Desa Cikuya” kepada masyarakat Desa Cikuya, Kec. Solear, Kab. Tangerang. Selain sebagai bentuk kewajiban mahasiswa  melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, pelatihan ini juga dilaksanakan atas permintaan pimpinan desa supaya masyarakat bisa lebih baik dalam mengelola parkir dikawasan wisata tebing koja. Tempat pelaksanaan kegiatan dilakukan di Aula Desa Cikuya. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala desa Cikuya dan masyarakat serta pemuda yang tergabung dalam karang taruna desa Cikuya. Dan juga dosen pembimbing prodi Teknik industri yaitu Bapak. Sudiman ,S.T.,M.T.

Screenshot 2023 01 24 16 42 16 43 c37d74246d9c81aa0bb824b57eaf7062 iEbVexc35J

Gambar 02. Foto Sambutan kepala Desa
Dalam sambutannya Kepala desa Cikuya menyampaikan terimakasih kepada Tim dari Prodi Teknik industri yang sudah mau meluangkan waktu untuk melakukan edukasi dan Evaluasi Pengelolaan Parkir Kawasan Wisata kepada masyarakat desa Cikuya. Tidak lupa juga beliau menghimbau agar masyarakat serius dan fokus mengikuti kegiatan ini sehingga kedepannya masyarakat mampu Mengelola dan mengembangkan parkiran di Kawasan wisata. Dan beliau juga berharap setelah kegiatan ini, antara Mahasiswa dan masyarakat tetap aktif berkomunikasi untuk pengembangan dan cara kerja pengelolaan parkir. Dan juga menyampaikan bahwasanya pihaknya sangat senang serta berharap bisa diadakan lagi kerja sama untuk mengembangkan potensi Kawasan wisata lainnya.

Sementara itu Bapak Sudiman, S.T.,M.T selaku Dosen Pembimbing PKM Teknik industri universitas pamulang dalam sambutannya menyampaikan bahwa perlu dilakukan dan ditingkatkan lagi kolaborasi antara dunia akademis dan masyarakat agar menciptakan peluang-peluang usaha yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan sebagai solusi atas permasalahan ekonomi yang ada saat ini. Beliau juga menyampaikan terimakasih karena sudah disambut dengan baik oleh pihak desa Cikuya. Semoga dengan kegiatan ini, masyarakat lebih kreatif dan mampu mengembangkan potensi Kawasan wisata lainnya.

Screenshot 2023 01 24 18 28 30 01 c37d74246d9c81aa0bb824b57eaf7062

Gambar 03. Foto Pemaparan Materi
Selanjutnya dilakukan pemaparan materi oleh anggota tim pengabdian Mahasiswa Materi yang dipaparkan Evaluasi terhadap pengelolaan parkir dan pengelolaan uang hasil parkir. Peserta terlihat sangat antusias dengan banyaknya peserta yang bertanya terkait dengan bagaimana cara pengelolaan parkir di Kawasan wisata. Setelah pemaparan materi selesai selanjutnya dilakukan Tanya jawab peserta dan karang taruna desa Cikuya.

Kegiatan ini dilaksanakan sejak pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB ini  ditutup dengan foto bersama, Penyerahan cinderamata dan Pemberian Buah tangan dari prodi Teknik industri Universitas Pamulang. Semoga dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa terbantu dan mampu mengelola parkiran dengan baik di Kawasan wisata tebing koja desa cikuya.
(**)

Published in Banten

Screenshot 2023 01 24 16 39 39 95 c37d74246d9c81aa0bb824b57eaf7062 UoUXkRTQ3yMahasiswa teknik industri Universitas Pamulang yang tergabung dalam kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat melakukan Sosialisasi Pengelolaan Dan Pengembangan Lingkungan Objek Wisata di Desa Cikuya Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang-Banten yang dilakukan pada tanggal 23-25 November 2022.

Kegiatan dilakukan oleh satu kelompok, Terdiri dari 5 anggota diketuai oleh Asep Suryana yang berasal dari prodi Teknik Industri Universitas Pamulang. Dalam Kegiatan sosialisasi tersebut dilibatkan beberapa warga desa cikuya dan dan Karang Taruna Desa Cikuya.

Screenshot 2023 01 24 16 40 26 05 c37d74246d9c81aa0bb824b57eaf7062 JEMNh7Bs7b

Gambar 1.2 Sesi presentasi pemaparan materi

Kegiatan PKM ini dilaksanakan melalui beberapa susunan rangkaian acara yang pertama pembukaan acara dilakukan oleh Saudara Devi Raditya selaku Moderator, Kemudian sambutan dilakukan oleh Saudara Sandi Irfan selaku ketua karang taruna, Kemudian sambutan dari dosen pembimbing oleh Bapak Sudiman, S.T..,M.T selaku dosen Pembimbing PKM.

Selanjutnya masuk ke sesi pemaparan materi presentasi yang dilakukan oleh Asep Suryana tentang cara Pengolahan dan Pengembangan Lingkungan Objek Wisata untuk memahami bagaimana caranya mengambil daya Tarik objek wisata Tebing Koja dalam jangka waktu yang panjang.

Screenshot 2023 01 24 16 40 12 52 c37d74246d9c81aa0bb824b57eaf7062 BltdvHD09X

Gambar 1.2 Sesi presentasi pemaparan materi 2
Kemudian presentasi mengenai materi berikutnya dilakukan oleh Gilang Maulana tentang Perencanaan Pengembangan Desa Wisata yang berfungsi untuk agar masyarakat desa cikuya dan karang tarunanya bisa mengembangkan objek wisata tebing koja dalam jangka panjang.

Setelah kelompok kami melakukan sesi presentasi dan melakukan sesi Tanya jawab ke tamu undangan dan memberikan beberapa cindramata, Kami melanjutkan acara kunjungan ke objek wisata tebing koja didampingi berasama Karang Taruna Desa Cikuya.

Para Karang Tarunda dan warga sangat berantusias sekali dalam melakukan Kegiatan Sosialisasi tersebut,  dengan dibantu oleh tim mahasiswa Teknik Industri, Asep Suryana, Devi Raditya, Gilang Maulana, Abdul Seftiadi Ilmi dan Fahri Ali.

Tidak  lupa juga Kepala Desa Cikuya sangat mendukung perkembangan Teknik Industri Universitas Pamulang dengan ditandai melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Teknik Industri Universitas Pamulang dengan Kelurahan Desa Cikuya sehingga kedepannya diharapkan dapat melakukan kegiatan berkesinambungan secara bersama-sama.

Secara umum kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini berjalan dengan lancar dan sukses serta dilakukan sesi tanya jawab dari audien kepada para anggota PKM  dan diakhiri dengan foto bersama serta ramah tamah.
(**)

Published in Banten
Go to top