BPS Kabupaten Tangerang Lakukan FKP Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi

Tangerang, lensafokus.id -- Kembali Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tangerang melakukan Forum Konsultasi Publik (FKP) yang merupakan kegiatan lanjutan Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) di wilayah kecamatan Solear Kabupaten Tangerang.

Hari ini pelaksanaan tersebut dilaksanakan di kantor desa Cikuya pada Selasa (2/5/2023) dengan dihadiri secara langsung sebagai fasilitator Ade Sape’i Kades Cikuya, yang tergabung 4 tim Asisten Fasilitator 1-2 terdiri dari Ahmad Jajuli, Dewi Komala Sari dan Administator BPS Kab. Tangerang dan Imam Arkan, yang di ikuti oleh Sekretaris Desa, 2 Kepala Dusun, 1 anggota BPD, 1 Ketua RW, 8 Ketua RT dan 1 Kader, Sertu Suryana – Babinsa Desa Cikuya dalam lanjutan Regsosek.

Hal tersebut disampaikan oleh Ahmad Jajuli selaku Asisten Fasilitator 1 menerangkan, hari dilaksanakan Forum Konsultasi Publik terkait Pendataan Awal Regsosek ( _Registrasi Sosial Ekonomi_) dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Tangerang dengan tema “Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, jelasnya.

Kegiatan Forum Konsultasi Publik sebagai lanjutan yang akan berlangsung selama 5 hari yang nantinya akan diikuti oleh seluruh Ketua RW dan seluruh para Ketua RT se Desa Cikuya.

Giat ini dari Program Kementrian PPN/BAPPENAS yang wajib dilaksanakan oleh BPS Kabupaten Tangerang untuk dapat disosialisakan ke semua Desa agar dari setiap Desa dihasilkan data jumlah Sangat Miskin, Miskin, Rentan Miskin dan Tidak Miskin secara akurat berdasarkan fakta, terangnya.

Jadi data regsosek akan menjembatani koordinasi dan berbagai pakai lintas lembaga juga lintas daerah, untuk memastikan pemakaian data yang konsisten karena terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat Desa.

Selanjutnya melalui kegiatan forum konsultasi publik (FKP) yang merupakan perlibatan partisipasi masyarakat yang merupakan langkah dan mampu menjadi sarana diskusi bersama antara BPS, Pemerintah, maupun masyarakat sehingga hasil pendataan yang dilakukan dapat mewakili potret data terbaru.

Ia juga berharap kepada Camat dan kepala desa sebagai garda terdepan dan terdekat dengan masyarakat untuk betul-betul serius dan jeli dalam melaksanakan kegiatan Forum Konsultasi Publik tersebut, terangnya.

Sementara seusai acara Kepala Desa Cikuya Ade Sapei menyampaikan banyak terima kasih kepada Kementrian PPN/BAPPENAS, karena melaui BPS Kabupaten Tangerang pendataan Regsosek Desa Cikuya dapat terselenggara selama 5 hari kedepan secara bergiliran dari masing-masing RT, RW, sehingga akan tercapai data yang akurat sesuai fakta di lapangan, jelasnya.

Data ini sangat penting bagi kami atas nama pemerintah desa Cikuya, karena untuk meraih sebuah tata kelola pemerintahan desa untuk menunjang suatu peningkatan dari berbagai unsur, pungkasnya. (Agie)

Rate this item
(0 votes)
Go to top