Print this page

Disnaker Dorong Perusahaan Terima 1 Persen Tenaga Kerja Penyandang Disabilitas

TANGERANG, lensafokus.id -- Pemerintah Kabupaten Tangerang terus mendorong agar setiap perusahaan memberikan kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang (Disnaker) Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono seusai mendampingi kunjungan kerja dari Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Ditjen Binapenta & PKK) terkait penyerapan tenaga kerja penyandang disabilitas di PT Adis Dimension Footwear, Balaraja, Kabupaten Tangerang, Selasa 21 Maret 2023.

“Kami akan terus mendorong setiap perusahaan di Kabupaten Tangerang agar dapat menempatkan 1 persen karyawannya yang merupakan penyandang disabilitas, hal ini dilakukan agar penyandang disabilitas mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jenis kemampuannya. Penempatan 1 persen pegawai penyandang disabilitas ini juga sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, dimana dalam uu tersebut dituangkan pemenuhan hak penyandang disabilitas untuk bekerja,” kata Kepala Disnaker Kabupaten Tangerang Rudi Hartono.

Pemerintah Kabupaten Tangerang juga akan terus mendukung dan mendorong warga masyarakat khususnya penyandang disabilitas untuk memperoleh hak dalam bekerja. Salah satu upayanya adalah dengan terus memfasilitasi rekruitmen untuk para penyandang disabilitas.

Selain itu, kata Rudi, Pemkab Tangerang juga terdapat banyak Bursa Kerja Khusus (BKK) dan Sekolah Khusus yang mana, sekolah tersebut memiliki alumni penyandang disabilitas. Pemkab Tangerang juga akan membantu perusahaan untuk dapat bekerjasama dengan BKK ini dalam penyerapan tenaga kerjanya.

Ia juga menyampaikan, saat ini masih banyak perusahaan yang belum melaksanakan Undang-Undang tersebut. Hal ini menjadi tugas Pemkab Tangerang agar semua perusahaan melaksanakan amanat Undang-undang tersebut.

"Saat ini baru ada 6 perusahaan yang telah melaporkan pencapaian 1 persen (yang sudah mempekerjakan pegawai penyandang disabilitas). Hal ini akan terus menjadi fokus kami ke depan. Yang pasti, kami mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung agar penyandang disabilitas dapat memperoleh akses penuh terhadap pasar tenaga kerja,” ujarnya.

Sementara itu, Riska yang merupakan salah satu pekerja penyandang disabilitas tuna netra dari PT. Adis Dimension Footwear memberikan apresiasi kepada Pemkab Tangerang yang sudah memfasilitasi dirinya untuk bekerja.

Ia berpesan kepada teman-teman penyandang disabilitas lainnya untuk terus semangat dan jangan mudah untuk menyerah.

“Sebelumnya saya mengikuti rekruitmen pegawai dan Alhamdulillah diterima, maka dari itu saya mengucapkan terimakasih khususnya kepada Pemerintah Daerah dan juga pihak perusahaan yang telah memfasilitasi kami penyandang disabilitas untuk dapat bekerja,” ucap Riska.
(redl

Rate this item
(0 votes)