PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM) MAHASISWA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MANAJEMEN UNTUK MENGEMBANGKAN WISATA DAERAH DESA CIKUYA KEC SOLEAR KAB TANGERANG

Gambar 01. Foto Bersama Karang Taruna Desa Cikuya Gambar 01. Foto Bersama Karang Taruna Desa Cikuya

Diera saat ini, dimana kondisi perekonomian masih belum stabil Setelah pandemi Covid-19, dibutuhkan peran aktif dari berbagai pihak untuk memulihkan perekonomian. Salah satu pihak yang bisa dioptimalkan peranannya adalah dari bidang akademis. Kolaborasi akademisi dengan masyarakat perlu dilakukan untuk membantu mencari solusi dari permasalahan ekonomi yang ada di masyarakat. Pengembangan kreatifitas dan potensi yang ada dalam masyarakat perlu ditingkatkan supaya masyarakat bisa mandiri dan membangun perekonomian secara bertahap.Pengabdian Kegiatan.

Masyarakat harus memiliki suatu Inovasi pengelolaan Kawasan wisata untuk dikembangkan sendiri serta memiliki nilai jual minimal dalam lingkungan masyarakat itu sendiri. Dengan begitu maka masyarakat akan mampu mengembangkan ekonomi sendiri dan bertahap akan mampu menjadi masyarakat yang mandiri.

Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya diperkuliahan kepada masyarakat luas. Dalam rangka memenuhi Tri Dharma.

Berdasarkan hal tersebut di atas maka pada tanggal 21 s/d 23 November 2022, Mahasiswa dari Prodi Teknik Industri Universitas Pamulang yang dilakukan oleh mahasiswa Abdi Cholik, Febri Irawan, Hikamtulloh, Muh Luthfi Fahriaji melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan Evaluasi tentang “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Manajemen Wisata Di Desa Cikuya” kepada masyarakat Desa Cikuya, Kec. Solear, Kab. Tangerang. Selain sebagai bentuk kewajiban mahasiswa  melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, pelatihan ini juga dilaksanakan atas permintaan pimpinan desa supaya masyarakat bisa lebih baik dalam mengelola parkir dikawasan wisata tebing koja. Tempat pelaksanaan kegiatan dilakukan di Aula Desa Cikuya. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala desa Cikuya dan masyarakat serta pemuda yang tergabung dalam karang taruna desa Cikuya. Dan juga dosen pembimbing prodi Teknik industri yaitu Bapak. Sudiman ,S.T.,M.T.

Screenshot 2023 02 02 16 19 30 99 c37d74246d9c81aa0bb824b57eaf7062

Gambar 02. Foto Sambutan kepala Desa

Dalam sambutannya Kepala desa Cikuya menyampaikan terimakasih kepada Tim dari Prodi Teknik industri yang sudah mau meluangkan waktu untuk melakukan edukasi dan Evaluasi Tentang Pemberdayaan masyarakat dan manajemen Kawasan Wisata kepada masyarakat desa Cikuya. Tidak lupa juga beliau menghimbau agar masyarakat serius dan fokus mengikuti kegiatan ini sehingga kedepannya masyarakat mampu mengorganisir masyarakat dalam manajemen wilayah di Kawasan wisata desa cikuya. Dan beliau juga berharap setelah kegiatan ini, antara Mahasiswa dan masyarakat tetap aktif berkomunikasi untuk pengembangan kemampuan individu masyarakat serta mengangkat harkat dan nilai jual pribadi masyarakat dimana mampu mengelola dan mengatur wisata daerah dalam organisasi yang luas tentu nya dalam lingkup desa cikuya. Dan juga menyampaikan bahwasanya pihaknya sangat senang serta berharap bisa diadakan lagi kerja sama untuk mengembangkan potensi Kawasan wisata lainnya.

Sementara itu Bapak Sudiman, S.T.,M.T selaku Dosen Pembimbing PKM Teknik industri universitas pamulang dalam sambutannya menyampaikan bahwa perlu dilakukan dan ditingkatkan lagi kolaborasi antara dunia akademis dan masyarakat agar menciptakan peluang-peluang usaha yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan sebagai solusi atas permasalahan ekonomi yang ada saat ini. Beliau juga menyampaikan terimakasih karena sudah disambut dengan baik oleh pihak desa Cikuya. Semoga dengan kegiatan ini, masyarakat lebih kreatif dan mampu mengembangkan potensi Kawasan wisata lainnya.

Screenshot 2023 02 02 16 19 19 92 c37d74246d9c81aa0bb824b57eaf7062

Gambar 03. Foto Pemaparan Materi

Selanjutnya dilakukan pemaparan materi oleh anggota tim pengabdian Mahasiswa Materi yang dipaparkan Evaluasi terhadap pemberdayaan masyarakat dalam manajemen wisata. Peserta terlihat sangat antusias dengan banyaknya peserta yang bertanya terkait dengan bagaimana cara memberdayakan masyarakat supaya berjalan sehingga mampu mengelola kawasan wisata daerah secara mandiri. Setelah pemaparan materi selesai selanjutnya dilakukan Tanya jawab peserta dan karang taruna desa Cikuya.

Kegiatan ini dilaksanakan sejak pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB ini  ditutup dengan foto bersama, Penyerahan cinderamata dan Pemberian Buah tangan dari prodi Teknik industri Universitas Pamulang. Semoga dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa terbantu dan mampu melakukan pemberdayaan dan manajamen wisata tebing koja di desa cikuya.

Rate this item
(1 Vote)
Go to top